Isu Habitat Komodo Terganggu

Denny Siregar : Modal satu foto doang, ributnya...

IN
Oleh inilahcom
Selasa 27 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Isu terganggunya habitat komodo sedang ramai dibahas di media sosial, hal ini menyusul viral foto sebuah truk dihadang komodo. Tepatnya di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu, pegiat media sosial Denny Siregar meminta publik tidak gampang percaya dengan penggiring opini negtaif terkait persoalan itu.

Pasalnya, momen itu di Pulau Rinca memang tempat yang peruntukannya untuk wisata, sementara untuk konservasi komodo terletak di Pulau Komodo.

"Modal satu foto doang, ributnya se galaksi..Padahal ini di pulau Rinca, pulau kecil dekat pulau Komodo. Disana emang ada bbrp komodo. Tapi pulau Rinca diperuntukkan utk wisata, sdgkan utk konservasi di pulau komodo. Jangan percaya ma orang2 yg percaya Sarumpaet digebukin.." tulis Denny di akun Twitternya, Selasa (27/10/2020).

Diketahui, foto seekor komodo berhadapan dengan truk di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), viral. Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT meminta Otorita Pulau Komodo menyusun strategi agar komodo menjauh dari lokasi pembangunan.

"Pulau Rinca itu kan diarahkan untuk mess tourism ya, sedangkan Pulau Komodo itu kita arahkan untuk pulau konservasi," kata Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT Marius Jelamu, Senin (26/10/2020).

Karena pulau konservasi, lanjutnya, tidak semua orang bisa masuk Pulau Komodo, akan dibatasi. Cara membatasinya dengan sistem keanggotaan, yakni pemilik kartu anggota yang bisa masuk dengan membayar 1.000 dolar per tahun.

"Sedangkan Pulau Rinca itu mess tourism, maka sejalan dengan dijadikannya Labuan Bajo sebagai destinasi superpremium, maka bapak presiden menyetujui pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca, dan dalam membangun Jurassic Park ini kita membangun berbagai sarana dan prasarana, dermaga, fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan wisatawan," ujarnya.

Marius Jelamu mengatakan komodo ada di beberapa pulau, tapi di Pulau Komodo paling banyak. Di Pulau Rinca, habitat komodo tidak sebanyak di Pulau Komodo.

"Lalu di Pulau Rinca, tapi lebih banyak di Pulau Komodo. Nah ketika bunyi-bunyian truk dan sebagainya itu maka secara otomatis hewan itu pasti sensitif dia mau ke sumber bunyi, dia datang. Kemudian orang foto dan viral," ujarnya.


BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA