Genjot Laba, SP PLN Dorong Perubahan Budaya Kerja

IN
Oleh inilahcom
Selasa 27 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menyambut Hari Listrik Nasional ke-75, PT PLN (Persero) harus mampu melakukan perubahan budaya kerja. Demi meningkatkan pendapatan perusahaan yang berujung kepada kontribusi kepada negara.

Ketua Umum Serikat Pekerja (SP) PLN, Muhammad Abrar Ali mengingatkan, setiap hal yang sudah direncanakan, tidak selamanya bisa berjalan dengan mulus.

Sebagai contoh, dampak penyebaran pandemi Covid-19, berdampak kepada turunnya penjualan listrik dari PLN. Pada semester I-2020, PLN masih mencatatkan laba Rp273,05 miliar. Capaian ini turun 97% dibanding semester I-2019 yang sebesar Rp7,35 triliun.

Untuk itu, SP PLN mengajak direksi PLN bersinergi dalam mengawal setiap permasalahan yang timbul serta berpotensi sebagai ancaman baik dari dalam maupun luar atas eksistensi PLN dalam menjalankan peran strategisnya untuk menjaga kesinambungan penyediaan tenaga listrik.

"Harapan kami di tengah peringatan 75 tahun Hari Listrik Nasional, pemerintah lebih bisa mendengar dan memfasilitasi upaya-upaya yang dilakukan oleh PLN baik melalui direksi PLN ataupun SP PLN dalam menjaga kelangsungan pasokan tenaga listrik dimana salah satunya dengan melakukan renegosiasi kontrak IPP (Independent Power Producer) program 35.000 MW," kata Abrar, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Untuk internal PLN, Abrar berharap, perundingan PKB yang sempat dihentikan pada Agustus 2016, oleh manajemen PLN, bisa dilanjutkan kembali. Ini penting untuk memberikan perlindungan bagi setiap insan PLN. Sesuai tema spanduk ucapan Selamat Hari Listrik Nasional Ke-75 Tahun dari SP PLN yaitu sinergi antara perseroan dengan SP PLN meningkatkan produktivitas pegawai, pendapatan perusahaan & kesejahteraan insan PLN serta terwujudnya PKB baru yang bermartabat.

"Dengan meningkatnya produktivitas dan pendapatan maka diharapkan PLN akan semakin maksimal dalam menjalankan perannya menjaga kedaulatan energi di negeri sendiri," tutupnya. [ipe]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA