Perketat Pengawasan, BC Tembilan Gandeng Polairud

IN
Oleh inilahcom
Rabu 28 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Tembilahan - Bea Cukai Tembilahan bersinergi dengan Polairud Resor Indragiri Hilir dalam melakukan pengamanan dan pengawasan wilayah perairan Indonesia. Sinergi tersebut dilakukan guna membangun komunikasi dan kerja sama dalam melaksanakan pengawasan daerah pabean Indonesia.

Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan, Ari Wibawa Yusuf menyatakan sebagai negara maritim dengan luasnya laut dan banyaknya pulau yang terhampar, Indonesia membutuhkan pengawasan laut yang optimal.

"Hal ini dilaksanakan salah satunya oleh Bea Cukai yang memiliki unit patroli laut dan memiliki fungsi organisasi sebagai community protector. Patroli laut Bea Cukai sebagai penjaga pintu gerbang bangsa ini khususnya dalam lalu lintas barang agar iklim usaha yang ada di dalam negeri tetap sehat, menjadikan patroli laut Bea Cukai sebagai tulang punggung Indonesia dalam mengawasi perdagangan internasional," kata dia.

Untuk melaksanakan pengawasan tidak dipungkiri dibutuhkan kerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya. Kegiatan ini sejalan dengan semangat atas Penandatanganan Kerja Sama Peningkatan Sinergi Tugas Operasional dan Sumber Daya dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi oleh Bea Cukai dengan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia yang bertujuan untuk menjaga keamanan perairan Indonesia secara bersama-sama.

Ke depannya diharapkan dapat terciptanya kesinambungan dalam menjalin sinergi dan komunikasi yang melindungi sektor industri dari pemasukkan barang ilegal sehingga terciptanya iklim usaha yang sehat, pengawasan terhadap barang kena cukai (rokok, etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol), serta melindungi masyarakat dari barang-barang terlarang dan berisiko mengancam kesehatan dan keselamatan (narkotika, psikotropika,dan prekursor).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA