Zona Merah Penularan Covid Berkurang, Tapi....

IN
Oleh inilahcom
Rabu 28 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengklaim zona merah penularan covid-19 terus berkurang menjadi 20 kabupaten/kota pada pekan ini. Tetapi, sebagian besar daerah kabupaten/kota di Indonesia berada pada zona risiko sedang atau zona oranye bertambah.

"Tentang peta zonasi risiko kita lihat pekan ini zona merah terlihat berkurang, namun sama dengan pekan-pekan sebelumnya, 70 persen kabupaten/kota di Indonesia berada di zona oranye," kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, saat konferensi pers 'Perkembangan Penanganan dan Launching Monitoring Perubahan Perilaku' di YouTube BNPB, Selasa (27/10/2020).

Rinciannya, peta zona merah covid-19 tersisa 20 kabupaten/kota pada pekan ini berkurang dari 32 kabupaten/kota.

Sementara untuk zona oranye justru bertambah menjadi 360 kabupaten/kota pekan ini dari sebelumnya 344 kabupaten/kota.

Menurutnya, peningkatan daerah di zona oranye menunjukkan pemerintah daerah dan masyarakat setempat mulai lengah dan abai terhadap risiko penularan covid-19 karena daerahnya bukan merupakan zona merah.

"Ini adalah bukti bahwa banyak sekali daerahnya yang terlena karena tidak masuk zona merah. Ingat zona oranye juga masih berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan. Jika tidak waspada dan terus lengah, pada kabupaten/kota di zona oranye dapat pindah ke zona merah," tegas Wiku.

Untuk zona risiko rendah atau zona kuning bertambah menjadi 115 kabupaten/kota pada pekan ini dari sebelumnya 113 kabupaten kota.

Zona hijau menurun dari pekan sebelumnya 25 kabupaten/kota menjadi 19 kabupaten/kota.

Zona hijau yang terdiri dari zona tidak ada kasus berkurang menjadi 7 kabupaten/kota pekan ini, sebelumnya 12 kabupaten/kota.

Kemudian zona tidak terdampak juga berkurang menjadi 12 kabupaten/kota dari pekan lalu sebanyak 13 kabupaten/kota.

Wiku menjelaskan ada 4 kabupaten/kota yang semula berada dalam kategori zona tidak ada kasus baru, kemudian pindah ke zona oranye, yaitu Bengkulu Selatan (Bengkulu), Tojo Una-Una (Sulawesi Tengah), Pulau Taliabu (Maluku Utara), dan Mamberamo Tengah (Papua).

Sebanyak dua kabupaten kota awalnya tidak ada kasus baru pindah ke zona kuning. Yakni, Lebong (Benkulu), Lingga (Kep. Riau). Lalu satu kabupaten menjadi zona kuning, padahal sebelumnya berada di zona tidak terdampak yaitu Natuna (Kepulauan Riau).


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA