Inilah Kiat Memilih Pinjaman Online yang Aman

IN
Oleh inilahcom
Senin 02 November 2020
share
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing

INILAHCOM, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Satgas Waspada Investasi (SWI) mengeluarkan ratusan daftar financial technologi (fintech) dan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Di tengah kemajuan fintech, muncul banyak penawaran pinjol. Dengan tawaran proses mudah dan cepat. Namun, masyarakat tetap perlu cermat, waspada dan hati-hati. Agar tidak menyesal di kemudian hari. Seperti pepetah bilang: penyesalan datangnya belakangan.

Apalagi zaman sekarang, banyak orang butuh duit dalam tempo cepat. Tawaran pinjaman online tentu saja menggiurkan. Namun, tetap hati-hati ya.
Lalu, apa tips memanfaatkan pinjaman online? Mengutip situs keuangan Duwitmu.com, ciri-ciri penawaran pinjaman online yang aman, antara lain:
1. Mudahan prosesnya.
Kebutuhan yang begitu darurat menuntut setiap proses pinjaman uang menjadi mudah, serta tanpa adanya syarat yang tidak perlu bertele-tele.

2. Cepat Cair
Karena adanya dana darurat, membuat pinjaman cepat cair menjadi layanan utama untuk menarik para calon peminjam. Sangat cocok untuk yang begitu membutuhkan pinjaman uang sekarang atau yang biasa disebut dana segera.

3. Bisa dicicil
Untuk aplikasi pinjaman uang yang terbaik adalah bisa dicicil dan ini sudah menjadi layanan tersendiri yang menarik sehingga ketika anda ingin membayarnya tidak perlu langsung lunas jadi sisa uangnya masih bisa anda gunakan.

Tetap masih terpercaya meskipun prosesnya cepat dan mudah, namun apabila bukan pinjaman uang online yang terpercaya, maka pasti saja akan menimbulkan pertanyaan di mata calon peminjam.

4. Memiliki alamat jelas
Dan yang terakhir ciri cara pinjaman uang terbaik yaitu memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa.
Biasanya penyedia pinjaman uang terbaik itu mempunyai fitur nasabah yang responsif.

Dengan begitu, sebagai nasabah, anda bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala. Bagian ini harus anda manfaatkan.

5. Terdaftar di OJK
OJK atau otoritas jasa keuangan adalah lembaga yang mengatur dan mengawasi semua aktifitas yang terjadi di sektor keuangan, termasuk mengawasi penyedia pinjaman baik konvensional atau online.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua yang ada di internet memiliki legalitas.

Apalagi penyedia pinjaman online yang kian menjamur, tidak semuanya bisa dipercaya. Maka dari itulah Anda harus lebih waspada saat memilih pinjaman tersebut. Penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK menunjukkan legalitas perusahaan tersebut.
Kerugian atau penipuan dapat diminimalisir dengan mempercayakan kebutuhan Anda pada perusahaan resmi.

Anda mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Hak-hak sebagai konsumen dilindungi. Ketika terjadi hal-hal yang merugikan terkait kesepakatan pinjaman online, debitur bisa membuat laporan kepada pihak berwajib.

Dalam hal ini, OJK membuat regulasi mengenai jasa pinjaman online. Guna menghindari munculnya rentenir online, yang sangat merugikan konsumen pinjaman online.

Regulasi yang dibuat terkait dengan bunga yang diwajibkan kepada konsumen sebagai nilai tambah dari nominal yang harus dikembalikan. Dengan memilih jasa pinjaman online yang terdaftar OJK sangat menguntungkan dan menenangkan.

6. Transparansi Informasi Penyedia Pinjaman
Karena konsumen tidak bertemu langsung dengan pihak kreditur, jadi segala informasi mengenai pinjaman harus jelas dari awal.

Berapa pagu kredit yang akan diberikan, Bunga yang dibebankan, jangka waktu pinjaman, tanggal jatuh tempo, cara pengambilan pinjaman, cara pembayaran cicilan dan biaya-biaya lainnya.

Dengan mengetahui transparansi informasi pinjaman online langsung cair, konsumen bisa mempertimbangkan nominal yang akan diajukan.

Menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar cicilan sesuai kesepakatan. Konsumen tidak dirugikan, karena sudah menyetujui apa yang dibebankan atas pinjaman yang diterima. Mengetahui apa resiko jika terjadi keterlambatan membayar dari jatuh tempo.

7. Review dari konsumen sebelumnya
Tips memilih pinjaman online berikutnya adalah dengan mencari review dari konsumen sebelumnya. Penyedia jasa pinjaman pastinya akan menampilkan review konsumen sebagai testimoni positif atas jasa yang diberikan.

Biasanya akan mudah ditemukan di halaman website. Sebagai promosi dan bagian dari transparansi informasi. Sebagai calon konsumen, Anda bisa memilih penyedia jasa pinjaman dengan review yang positif.

Mengenai kenyamanan pelayanan yang didapatkan, kecepatan proses pencairan, kemudahan tracking status pinjaman, bunga yang kompetitif dan sebagainya. Review positif konsumen menunjukkan bahwa perusahaan penyedia jasa pinjaman bisa dipercaya dan sudah berpengalaman. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA