Ratusan Wisatawan di Jabar Reaktif Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Selasa 03 November 2020
share
 

INILAHCOM, Bandung - Dari 14 ribu orang yang berwisata saat libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di 15 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat (Jabar), sebanyak 408 wisatawan dinyatakan reaktif, sesuai hasil tes cepat covid-19.

"Sepanjang libur panjang pekan kemarin, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pengetesan covid-19 di sejumlah destinasi wisata. Dari sekitar 14 ribu pengetesan, hasilnya ada 408 wisatawan reaktif berdasarkan rapid test," kata Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil di Bandung.


"Yang reaktif 408 wisatawan. Langsung diusap (swab), karena uji lab antre, belum ada hasilnya. Asumsi terburuk, sebanyak itu yang positif covid-19. Namun, dari pengalaman tidak 100 persen yang positif," lanjutnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani, menambahkan beberapa destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur panjang adalah kawasan Puncak, Bogor, Pantai Pangandaran, Sukabumi dan Cianjur.

"Semua data hasil rapid test sudah masuk. Kemudian kita juga melakukan penyelidikan epidemiologi dengan menggunakan google form," kata Berli.

Menurut dia, mayoritas 408 wisatawan yang reaktif covid-19 tersebut merupakan warga dari luar Provinsi Jabar. Terutama dari Jakarta, mayoritas berlibur di daerah Puncak Bogor.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA