Pilpres AS, Trump Diambang Kekalahan

IN
Oleh inilahcom
Jumat 06 November 2020
share
 

INILAHCOM, Washington - Donald Trump diambang kekalahan. Bahkan ia menuduh Partai Demokrat telah mencurangi Pilpres AS yang digelar 3 November lalu.

"Mereka mencoba mencuri pemilu," kata Trump dalam pernyataan di Gedung Putih pada Kamis (5/11/2020) malam waktu setempat.

Perolehan hasil sementara Pilpres AS diungguli oleh Joe Biden dari Demokrat dengan suara 264, sedangkan Trump memperoleh 214 suara. Biden hanya butuh 6 suara untuk melangkah ke Gedung Putih.

Menurut Trump, Partai Demokrat menggunakan suara ilegal untuk mencuri pemilihan dari kubunya melalui mail-in ballot alias pemungutan suara dengan layanan pos AS.sebagaimana dilansir dari AFP.

Pemungutan dengan pos ini merupakan salah satu cara pemilihan lantaran Covid-19 yang melanda dunia termasuk AS.

"Kalau kalian menghitung suara legal, saya menang dengan mudah. Mereka (Partai Demokrat) mencurangi pemilu, dan kami tidak akan membiarkannya terjadi," klaim Trump.

Biden hanya membutuhkan kemenangan di Arizona dan Nevada untuk menjadi Presiden AS ke-46. Sedangkan Trump masih harus memenangi sejumlah negara bagian, seperti Pennsylvania, Georgia, Nevada, dan Arizona, agar bisa mempertahankan jabatannya.

"Kami yakin, saat penghitungan selesai, saya dan Senator (Kamala) Harris (cawapres yang diusung Biden) akan dinyatakan sebagai pemenang," ujar Biden kepada wartawan di kampung halamannya di Wilmington, Delaware. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA