Jatim Terendah Kedua Kasus Aktif Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Senin 09 November 2020
share
 

INILAHCOM, Cikarang - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terus melakukan penguatan pentahelix dalam melakukan penanganan melawan Covid-19. Pasalnya, pentahelix menjadi kunci Jawa Timur bisa terus berprogres baik dalam melakukan pengendalian Covid-19.

Terbukti, saat ini Jawa Timur telah menempati urutan kedua se-Indonesia sebagai provinsi dengan kasus aktif Covid-19 secara prosentatif terendah kedua setelah Provinsi Gorontalo. Per Minggu (8/11/2020) kemarin, persentase kasus aktif Covid-19 di Jawa Timur adalah 3,95 persen.

Tepatnya, saat ini kasus aktif Covid-19 atau masyarakat Jawa Timur yang tengah dirawat di RS karena terpapar Covid-19 ada sebanyak 2.162 dari total kumulatif kasus 54.631 per tanggal 8 November 2020 malam.

Kasus aktif Covid-19 ini diyakini Gubernur Khofifah akan terus menurun dengan upaya terus menurunkan pertambahan kasus baru, dan peningkatan kasus sembuh.

Yang saat ini tingkat kesembuhan kasus Covid-19 (case recovery rate) Jatim terus naik di angka 88,91 persen, dengan kumulatif kasus sembuh sebanyak 48.570 kasus. Angka persentase kesembuhan Covid-19 Jatim ini juga berada jauh di atas recovery rate nasional yaitu 84,14 persen.

"Suksesnya proses menangani bencana, termasuk pandemi ini adalah bencana non alam, adalah dengan pendekatan pentahelix. Bagaimana kampus, media, masyarakat, private sector dan juga pemerintah melakukan kerja sama agar semua nyekrup dalam satu langkah penanggulangan bencana," kata Khofifah, Senin (9/11/2020).


Khofifah meminta masyarakat aktif terus menegakkan protokol kesehatan untuk menurunkan pertambahan kasus, dan nakes termasuk dokter terus meningkatkan angka kesembuhan. Dengan begitu secara bertahap kasus aktif Covid-19 akan terus menurun dan pandemi Covid-19 akan berakhir di Jawa Timur.

"Berdasarkan update dari satgas Covid-19 pusat, Jawa Timur telah bebas dari zona merah sejak enam minggu lalu, dan kini 25 kabupaten/kota sudah masuk zona orange, dan 15 kabupaten/kota lain sudah zona kuning. Bismillah, kita terus melakukan upaya agar Jawa Timur bisa bergerak menjadi zona hijau yang bebas dari risiko penyebaran Covid-19," tegas Khofifah. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA