Gempa Aceh Karena Pergeseran Sesar Sumatra

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 14 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Gempa magnitudo 5.3 mengguncang Aceh pada Sabtu (14/11/2020) dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa berada di 30 kilometer timur laut Banda Aceh, dengan kedalaman pusat gempa (hiposentrum) 10 kilometer. Gempa juga terasa di Banda Aceh dan Lhokseumawe.

BMKG menyebut gempa tersebut merupakan gempa jenis dangkal. "Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang diduga akibat adanya aktivitas Sesar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault)," kata Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Sabtu (14/11/2020).

Hingga saat ini belum ada laporan masuk yang menyebutkan terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, gempa susulan terpantau terjadi hingga beberapa saat setelah gempa pertama berlangsung.

"Hingga pukul 01.41 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan M=3,1 pukul 01.44.48 WIB dan M=2,1 pukul 01.54.22 WIB," pungkas Daryono. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA