Kapolres Jakpus Dan Bogor Dicopot

IN
Oleh inilahcom
Selasa 17 November 2020
share
Massa berkerumun saat menunggu kedatangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolres Jakarta Pusat dan Kapolres Bogor pada Senin (16/11/2020). Pencopotan ini tertuang dalam surat No. ST/3222/XI/KEP/2020, tertanggal 16 November 2020.

Adapun Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Brigade Mobile Korps Brimob Polri. Jabatannya digantikan oleh Kombes Pol Hengki Haryadi.

Sedangkan Kapolres Bogor Roland Ronaldy dipindahtugaskan menjadi Wadirkrimsus Polda Jawa Barat. Posisinya digantikan oleh AKBP Harun yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Lamongan.

Diduga keduanya dicopot dari jabatannya karena tak dapat mencegah kerumunan massa Habib Rizieq di wilayah masing-masing.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menerbitkan Surat Telegram Kapolri berisi pedoman penegakkan hukum terhadap terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Surat telegram ini tertuang dengan nomor: ST/3220/XI/KES.7./2020 tertanggal 16 November 2020. Dalam surat telegram tersebut, Kapolri Idham Azis memaparkan data tentang masih tingginya kasus COVID-19 di Indonesia.

Hal tersebut terjadi karena tingkat kedisiplinan masyarakat masih belum sesuai harapan dalam mematuhi protokol kesehatan.

Kapolri menekankan pada upaya memperkuat dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian COVID-19 melalui sinergi bersama TNI, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, kementerian/lembaga untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan serta mendampingi aparatur daerah dalam menegakkan disiplin dan menerapkan sanksi.

Kapolri juga meminta jajarannya menegakkan hukum secara tegas jika ada upaya penolakan, ketidakpatuhan atau upaya lain yang menimbulkan keresahan masyarakat dan mengganggu stabilitas kamtibmas.

Bagi jajaran Polri yang tidak mampu melaksanakan penegakkan hukum secara tegas, maka pihaknya akan melakukan evaluasi dan diberikan sanksi.

Selain penegakkan hukum, Kapolri juga meminta jajaran Polri untuk menjadi teladan bagi masyarakat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dalam kehidupan sehari-hari serta membina untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pengendalian dan pencegahan COVID-19 dengan memanfaatkan sarana, teknologi informasi.

Surat telegram tersebut ditandatangani oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mewakili Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA