Manuver Rizieq Pemicu Pergantian Dua Kapolda

IN
Oleh inilahcom
Selasa 17 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mutasi sejumlah Kapolda secara serentak di beberapa Polda, termasuk Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat, tidak bisa dilepaskan dari kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

"Aroma mutasi beberapa Kapolda kali ini,tidak bisa dipisahkan dengan situasi Jakarta dan Jawa Barat akibat manuver Rizieq Shihab yang gas pool mengumpulkan puluhan ribu simpatisan dengan seruan revolusi akhlak yang berdara-darah dan ajak rekonsoliasi damai," kata Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus, Selasa (17/11/2020).

Menurut Petrus, publik berharap mutasi Kapolda kali ini harus memberi warna baru dan harapan baru dalam penegakan hukum khususnya terhadap sejumlah kasus Rizieq Shihab yang pernah dilaporkan namun proses hukumnya terkesan mandeg.

"Padahal penyelidikannya sudah cukup, hanya tinghal ditingkatkan ke penyidikan dan disertai upaya paksa lebih lanjut," tuturnya.

Di samping itu, meskipun sudah ditetapkan statusnya sebagai tersangka terkait kasus Penodaan Lambang Negara di Polda Jawa Barat dan Kasus Chat WhatssApp berisi Pronografi di Polda Metro Jaya, namun Habib Rizieq berhasil lolos karena mendapat SP3.

Namun kini diharapkan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat membuka kembali penyidikan terkait kedua kasus tersebut.

"Kita berharap Kapolda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat baru secara progesif menegakan hukum, tidak perlu takut dan terpengaruh dengan tekanan masa," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA