Sebentar Lagi Bakal Terbangun Subang SmartPolitan

IN
Oleh inilahcom
Kamis 19 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ada kabar baik bagi warga Subang, Jawa Barat. Sebentar lagi, daerah ini bakal memiliki kawasan kota mandiri, bernama Subang Smartpolitan.

Ya, Subang Smartpolitan merupakan produk properti dari PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta), anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA).
Pada Rabu (18/11/2020), Suryacipta mengadakan acara peletakan batu pertama (groundbreaking ceremony) Subang Smartpolitan di Hotel Gran Melia, Jakarta yang juga anak bisnis SSIA di bidang perhotelan.

Acara yang digelar secara hybrid atau gabungan antara langsung dan virtual ini, dihadiri para calon klien dan investor, existing investor dan tenant. Para undangan bisa menghadiri acara secara offline dan online (live streaming) dengan menggunakan aplikasi YouTube Live, Microsoft Teams dan Zoom. Live streaming dihadirkan dalam tiga Bahasa, yaitu Inggris, Mandarin dan Jepang.

Hal ini adalah upaya untuk mengakomodir kebutuhan para tamu yang merupakan calon investor maupun calon klien atau tenant di Subang Smartpolitan yang berasal dari berbagai negara. Tercatat, ada ribuan hadirin acara ini secara online dari berbagai negara.

Sejumlah menteri dan kepala daerah pun masuk dalam daftar undangan. Seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto diwakilkan Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Susiwijono Moegiarso, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN, Erick Thohir, Ketua BKPM diwakilkan Plt Deputi Perencanaan Penanaman Modal, Nurul Ichwan, Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, serta Bupati Subang, Ruhimat.

Saat pembukaan, Johannes Suriadjaja, Presiden Direktur SSIS memperkenalkan Subang Smartpolitan, nama dari kota baru bertajuk "made from future" yang akan dikembangkan di atas lahan seluas 2.700 hektar. Di mana, visi awalnya untuk menjadikan Indonesia, khususnya Subang, semakin baik dan maju di masa depan, a better place for the future.

"Kami berangkat dari visi Building a Better Indonesia, visi perusahaan Surya Semesta Internusa yang sudah berdiri hampir 50 tahun. Melalui anak perusahaan kami Suryacipta Swadaya, kami akan membangun kota mandiri yang dapat dibanggakan serta selaras dengan visi perusahaan. Di mana, Subang Smartpolitan tidak hanya akan memberikan kontribusi terhadap wilayah Subang tetapi juga untuk Indonesia," paparnya.

Johannes mengatakan, pembangunan tahap pertama Subang Smartpolitan meliputi lahan seluas 400 hektar. Ini merupakan proyek strategis yang terletak di kawasan bisnis dan ekonomi masa depan di Jawa Barat yang tercakup dalam rebana metropolitan.

Informasi saja, rebana metropolitan merupakan kawasan yang diprediksi akan menjadi masa depan Jawa Barat yang meliputi area di 6 kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Sumedang, Subang, Majalengka, Indramayu,Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon.

"Terbangunnya infrastruktur strategis utama seperti jalan tol, bandara dan pelabuhan laut akan semakin meningkatkan perekonomian di Rebana Metropolitan, sehingga lokasi Subang Smartpolitan menjadi lebih strategis karena berada di jantung pengembangan bisnis dan ekonomi masa depan di Jawa Barat dan menjadi destinasi baru investasi di Indonesia," tambah Johannes.

Dalam waktu dekat Subang akan semakin berkembang pesat dengan akan beroperasinya Pelabuhan Patimban, pelabuhan laut internasional sekelas Tanjung Priok, Jakarta. Kehadiran Patimban akan mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan, sehingga diharapkan ekspor akan meningkat.

Pembangunan Subang Smartpolitan, menurut Johannes, merupakan komitmen perusahaan untuk ikut berperan aktif dalam mendorong laju perekonomian daerah. Ditargetkan, proyek pembangunannya menyerap ribuan pekerja lokal dan berkontribusi terhadap perekonomian Pemkab Subang dan Pemprov Jawa Barat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA