Tiba di Jepang Belasan WNI Positif Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Jumat 20 November 2020
share
 

INILAHCOM, Kansai - Sebanyak 17 warga negara Indonesia (WNI), dilaporkan positif covid-19 saat tiba di Bandara Kansai, Jepang. Padahal, hasil tes Covid-19 sebelum keberangkatan menunjukkan WNI tersebut negatif. Belasan orang ini dinyatakan positif tes antigen virus korona.

Hingga saat ini pusat karantina dan pihak berwenang lainnya sedang menyelidiki rincian penularan.

Menurut NHK, Kamis 19 November 2020, stasiun karantina di Bandara Kansai menyebutkan bahwa 17 WNI itu diketahui berusia remaja hingga 20-an yang tiba dengan penerbangan langsung dari Jakarta. Semuanya tanpa gejala pada saat kedatangan dan sedang dirawat di sebuah hotel di prefektur Osaka.

Ada beberapa kasus di mana orang yang datang dari luar negeri dinyatakan positif di stasiun karantina bandara setiap hari. Tetapi ini pertama kalinya pusat karantina Bandara Kansai menemukan lebih dari 10 orang terkonfirmasi positif covid-19.

"Seluruh 17 WNI itu memiliki bukti bahwa mereka memiliki tes negatif dalam waktu 72 jam sebelum meninggalkan Indonesia," imbuh laporan NHK.

Kantor karantina dan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang mengatakan bahwa mungkin saja tes tersebut menunjukkan positif setelah tes. Diperlukan untuk memastikan keandalan sertifikat negatif jika kasus tersebut terjadi satu demi satu.

Pemerintah setempat telah mengizinkan orang asing dengan status tempat tinggal jangka menengah hingga panjang untuk memasuki negara itu sejak bulan lalu. Seluruh 17 WNI memiliki status tempat tinggal dan semuanya berencana untuk pergi ke prefektur Hiroshima. [wll]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA