Fadli Zon : Sangat Biasa Warga Memasang Baliho

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 21 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR RI, Fadli Zon menyampaikan pemasangan baliho untuk pengumuman kegiatan Maulid Nabi atau acara keagamaan terkait lainnya, adalah hal yang biasa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal tersebut merupakan spontanitas ekspresi masyarakat, sehingga memasangkan baliho berisi gambar tokoh agama dapat dikatakan sebagai hal yang lumrah.


"Di Dapil sy di Kabupaten Bogor, sangat biasa warga memasang baliho utk pengumuman Maulid Nabi atau peringatan hari2 besar Islam. Tak ada yg merasa terganggu. Bahkan baliho2 itu ukuran raksasa utk penceramah Kyai, Habaib, Ajengan atau Ulama. Ini ekspresi warga masyarakat spontan," kata Fadli Zon, dukutip dari akun Twitternya, Sabtu (21/11/2020).

Sementara itu, Sosiolog Musni Umar mengatakan, baliho Habib Rizieq yang dipasang di berbagai sudut jalan merupakan inisiatif masyarakat.

"Mrk urungan dana utk buat baliho. Mrk pasang dan jaga baliho. Pangdam Jaya tahu tupoksinya, saya duga beliau diperintah. Jgn terprovokasi, tetap sabar. Dialog dan rekonsiliasi solusi permanen," kata Musni dalam akun media sosialnya.


Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, angkat bicara soal viralnya video pencopotan baliho raksasa Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab oleh sejumlah pria berbaju loreng. Dudung menegaskan pencopotan baliho raksasa itu atas perintahnya.

Dia menekankan semua pihak atau siapapun orang di republik wajib taat hukum. Bahkan semua pihak termasuk FPI diimbau agar tak seenaknya sendiri bertindak dan merasa paling benar di republik ini.

"Kalau misal pasang baliho itu sudah jelas aturannya, ada bayar pajaknya. Tempatnya juga sudah ditentukan. Jadi, jangan seenaknya sendiri," kata Dudung, usai apel kesiapan bencana dan pilkada serentak di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020).

"Ndak, ndak ada. Jangan coba-coba pokoknya. Kalau perlu FPI bubarkan saja. Kalo coba-coba dengan TNI, mari. Sekarang kok mereka ini seperti yang ngatur. Suka-sukanya sendiri," lanjutnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA