Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 21 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kantor Bea Cukai Meulaboh dan Kantor Bea Cukai Luwuk di masing-masing wilayah melakukan upaya dalam menggali potensi ekspor komoditi unggulan daerah dalam rangka meningkatkan kegiatan ekspor dari daerah.

Bea Cukai Meulaboh, Rabu (18/11), bersinergi dengan Pemerintah Aceh Singkil dan Pemkot Subulussalam mengunjungi dua tempat yaitu Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Singkil dan Dinas Perkebunan Subulussalam untuk melihat langsung kegiatan produksi komoditi daerah tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT) Bea Cukai Meulaboh, Iwan Anwar, terjun langsung dalam mengumpulkan informasi mengenai kondisi perkebunan di Kotamadya Subulussalam khususnya produk CPO.

"Komoditi ini berpotensi ekspor yang besar, mengingat sudah berdiri banyak perusahaan produsen CPO di daerah ini. Bea Cukai Meulaboh bersedia memfasilitasi kegiatan ekspor produk unggulan daerah demi mengoptimalkan potensi daerah," tutur Iwan.

Pemerintah Subulussalam dan Bea Cukai Meulaboh berharap dapat mendorong bersama perwujudan kegiatan ekspor CPO ini. Menurut Iwan, Pemda dapat berkontribusi dengan memetakan, menjelaskan, dan mempermudah pengurusan untuk mewujudkan kegiatan ekspor. Bea Cukai Meulaboh kemudian akan menyediakan semua fasilitas untuk mendukung pelaksanaan ekspor langsung melalui pelabuhan yang tersedia.

"Diharapkan kunjungan ini menjadi alat pemicu komitmen bersama dalam mewujudkan pemaksimalan potensi ekspor unggulan daerah," ujarnya.

Kemudian, dari provinsi berbeda, Bea Cukai Luwuk turut berupaya mendorong ekspor daerah dengan menjadi narasumber dalam forum koordinasi fasilitas ekspor yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (19/11).

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Kepala Seksi PKCDT Bea Cukai Luwuk, Nurdiansyah menyampaikan materi tugas dan fungsi Bea Cukai terkait regulasi ekspor dan impor, fasilitas kepabeanan, serta tata niaga border.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyebarluaskan informasi dan memperkuat pemanfaatan terkait pelayanan ekspor, agar kedepannya Pemda dapat memaksimalkan komoditi daerahnya untuk dapat diekspor ke berbagai negara.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA