Para Pelaku UMKM Ikut Pelatihan Multimedia

IN
Oleh inilahcom
Minggu 22 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Sejumlah dosen dan mahasiswa Informatika dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta memberikan pelatihan multimedia bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kelurahan Palmerah Jakarta Barat.


Kegiatan pelatihan yang berlangsung hampir satu minggu jelang akhir bulan November 2020 ini, untuk membantu para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 agar bertahan di tengah tantangan pendemi saat ini.

Ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat dari UMB, Wawan Gunawan, mengatakan pihaknya memberikan pelatihan multimedia bagi para pelaku UMKM agar bisa berinovasi dalam mengembangan usahanya khususnya promosi dan penjualan.

"Fokus kami agar UMKM di Palmerah ini bisa memanfaatkan teknologi multimedia seperti video editing dan penguasaan pengambilan gambar video, agar mereka bisa berjualan secara online dengan konten promosi yang lebih menarik. Kami melatih mereka agar merekam video usahanya dan mengedit video usahanya menggunakan smartphone atau menggunakan laptop standar. Ini kreativitas dan inovasi agar bisa survive berjualan online," kata Wawan yang juga dosen Teknik Informatika UMB ini.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Palmerah, Tati Sukati, mewakili lurah setempat, menyambut baik kegiatan pelaksanaan pengadian masyarakat ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada para dosen dan mahasiwa yang memberikan pelatihan ekonomi kreatif dan multimedia di kelurahan Palmerah ini. Meskipun digelar secara online melalui zoom, tetapi kami melibatkan para pelaku UMKM dan juga staf kelurahan setempat. Karena ini sangat penting dan membantu kami," ujar Sukati.

Para dosen yang terlibat dalam pelatihan ini antara lain Wawan Gunawan, Wawan Ridwan, Eugenius Kau Suni, Saruni Dwiasnati, Yudo Devianto, Sabar Rudiarto, Afiyati Reno, dan lainnya.

Sementara materi pelatihan multimedia yang disampaikan meliputi Teknik Video Editing menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro, Teknik video editing pada smartphone menggunakan aplikasi KineMaster, dan juga teknik pengambilan gambar video menggunakan camera profesional maupun camera smartphone.

Para peserta menerima materi pelatihan melalui zoom meeting pada tanggal 19 dan 20 November 2020 dan selanjutnya praktek dari tempat masing-masing.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA