Dua Pria Paruh Baya Kendalikan Uang Ratusan Juta

IN
Oleh inilahcom
Rabu 25 November 2020
share
 

INILAHCOM, Tangsel - Dua orang berinsial SS (60) dan SMN (71) dibekuk aparat Polsek Pondok Aren. SS diamankan di wilayah Pondok Gede, Kota Bekasi. Sedang SMN, di wilayah Kunciran, Pinang, Kota Tangerang.

Kedua pria paruh baya ini diketahui mengendalikan peredaran uang palsu (upal) sebanyak Rp800 juta.

Kapolsek Pondok Aren, AKP Riza Sativa berujar, kasus ini terungkap setelah adanya informasi masyarakat terkait upal dalam jumlah besar di rumah SS. Upal tersebut siap diedarkan dengan pecahan Rp100 ribu sebanyak 8 ribu lembar.

"Kita amankan seorang pelaku berinisial SS. Dari tangannya kami sita uang palsu sebanyak 8 ribu lembar dengan pecahan Rp100 ribu," katanya di Mapolsek Pondok Aren, Selasa (24/11/2020).


Dari pengakuan SS, diketahui upal tersebut diperolehnya dari SMN yang tinggal di daerah Kunciran. Selanjutnya petugas mengamankan SMN.

"Kita kembangkan lagi, pelaku SMN mengaku bahwa dia mendapat uang palsu itu dengan cara membeli dari seseorang berinisial J di daerah Bandung," sambung Riza.


Kepada petugas, SMN mengatakan bahwa upal sebanyak Rp800 juta dibelinya dari J seharga Rp50 juta. Tujuannya adalah untuk diedarkan, dan sebagai jaminan atas hutangnya terhadap pelaku SS.

"Dapat dari J, dia baru saja saya kenal. Saya membeli Rp50 juta dengan uang asli dan saya mendapat 8000 lembar atau 800 juta. Itu buat saya membayar utang," tutur SMN. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA