AHY Bagi Tiga Wilayah Pemenangan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 25 November 2020
share
 

INILAHCOM, Palangkaraya Puas dengan paparan hasil elektabilitas paslon Ben Brahim-Ujang Iskandar dalam Pilkada Kalteng, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membagi wilayah Kalimantan Tengah dalam tiga wilayah pemenangan.

Ini dilakukannya untuk memastikan kemenangan paslon nomor 1 yang didukung oleh Partai Demokrat ini. Ini disampaikan AHY ketika melakukan kunjungan singkat ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (24/11). Ia tiba dari Medan dengan menggunakan penerbangan pagi. Di Palangkaraya, AHY bertemu dengan para jurnalis setempat, ditambah dengan beberapa unsur pengurus DPD Partai Demokrat Kalteng, dengan protokol Covid-19 yang ketat dan aturan KPUD.

Berbekal pengalaman teritorialnya sebagai komandan saat masih dinas militer, AHY membuat tiga wilayah pemenangan dengan penanggung jawab masing-masing. Pembagian wilayah seperti ini membuat alokasi sumber daya manusia dan logistik menjadi lebih efisien serta tepat sasaran. Penanggungjawab juga bisa lebih fokus pada wilayah masing-masing, karena memenangkan hati dan pikiran warga Kalteng membutuhkan banyak waktu serta perhatian, dengan memperhatikan komposisi demografi dan dinamika politik lokal masing-masing.

Cagub Ben Brahim S. Bahat diserahi tanggungjawab untuk memenangkan wilayah Kabupaten Kapuas dan wilayah-wilayah sekitarnya, mengingat pengalaman Ben sebagai Bupati Kapuas selama dua periode, sejak tahun 2013. Dengan jumlah penduduk lebih dari 409 ribu jiwa, Kabupaten Kapuas merupakan wilayah dengan penduduk terbanyak diantara 13 kabupaten dan 1 kota yang ada di Kalimantan Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, Barito Selatan, serta Kabupaten Pulang Pisau dan Gunung Mas.

Cawagub Ujang Iskandar diberi tanggung jawab untuk memenangkan wilayah Kotawaringin dan sekitarnya, berbekal pengalaman sebagai Bupati Kotawaringin Barat dua periode (2005-2015). Kabupaten ini luasnya hampir 11 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 244 ribu jiwa. Tahun 2003, kabupaten Kobar dimekarkan menjadi Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara. Bandar Udara Pangkalan Bun terletak di kabupaten ini, melayani penerbangan antar pulau serta antar provinsi.

Sedangkan Ketua DPD Kalimantan Barat Nadalsyah (Koyem) diamanahi untuk memenangkan wilayah Barito dan sekitarnya, mengingat Nadalsyah adalah Bupati Kab. Barito Utara dua periode (2013-2023). Kabupaten ini salah satu yang tertua, berdiri tahun 1950, lebih dulu dari provinsi Kalimantan Tengah yang disahkan tahun 1957. Barito Utara berbatasan dengan Kabupaten Murung Raya dan Barito Selatan, selain dengan dengan wilayah provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Kombinasi jumlah pemilih dari ketiga wilayah pemenangan ini lebih dari cukup untuk memenangkan pasangan Ben-Ujang, dengan selisih suara yang signifikan, sehingga keduanya bisa langsung bekerja, tanpa terganggu potensi gugatan akibat selisih suara yang tipis.


Dalam sambutannya, AHY menekankan ketiga penanggungjawab wilayah dan seluruh pengurus serta kader Partai Demokrat untuk bekerja keras memenangkan paslon Ben-Ujang, tidak menganggap enteng dan memperhatikan hal-hal kecil. Secara khusus, AHY mengatakan,

"Amankan TPS demi TPS, cegah terjadinya kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif. Pastikan setiap suara dihitung dan masuk dalam perhitungan resmi KPUD," tegas AHY, "Bagaimana rakyat bisa berani menyuarakan kecurangan yang terjadi kalau paslon, timses dan petinggi DPD dan DPC Partai Demokrat serta para kader tidak berani?" Hanya setengah hari di Palangkaraya, sore harinya AHY dan rombongan kecil langsung bertolak menuju Manado untuk kunjungan berikutnya.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA