Maradona Dimakamkan dalam Upacara Pribadi

IN
Oleh inilahcom
Jumat 27 November 2020
share
 

INILAHCOM, Buenos Aires - Mega bintang sepakbola Diego Maradona dimakamkan pada Kamis (26/11/2020) petang waktu setempat atau Jumat (27/11/2020) pagi WIB, dalam sebuah upacara pribadi yang dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekatnya.

Meski ada ribuan orang yang mengiringi Maradona ke tempat peristirahatan terakhirnya, tapi hanya segelintir yang boleh hadir di komplek pemakaman Jardin Bella Vista yang terletak tak jauh dari Kota Buenos Aires.

Cuma keluarga dan teman-teman terdekat saja yang diizinkan mengikuti upacara keagamaan terakhir dan penguburan Maradona di sebelah makam orang tuanya, Dalma dan Diego.

Para penggemar yang mengibarkan bendera Argentina berkumpul di sepanjang jalan, sewaktu mobil jenazah Maradona lewat dengan pengamanan ketat.

Para penggemarnya sebagian berbalut bendera nasional, menyanyikan lagu kebangsaan sepakbola ketika mereka membentuk barisan yang membentang lebih dari 20 blok, dari Plaza de Mayo, tempat orang Argentina berkumpul untuk merayakan kemenangan yang dipimpin Maradona pada Piala Dunia 1986.

Sebelum dimakamkan, jenazah Maradona sempat disemayamkan di Istana Presiden Argentina. Ramai yang datang untuk memberi 'Si Tangan Tuhan' penghormatan terakhir.

Namun, situasi sempat ricuh karena pihak keluarga ingin jenazah Maradona segera dimakamkan. Associated Press melaporkan bahwa acara pemberian penghormatan itu disetop 12 jam setelah dimulai.

Polisi pun memotong antrean yang mengular. Buntutnya, pengunjung marah dan melempar batu serta beberapa objek lain kepada para petugas. Bahkan, ada yang nekat memanjat pagar Istana, seakan lupa kalau mereka bukan berada di stadion.

Meski demikian, prosesi pemakaman terus berjalan. Peti yang berisikan jenazah Maradona dibawa masuk ke dalam mobil yang bertuliskan legenda sepakbola itu di atas kertas karton di dekat jendela. Mobil jenazah pun berjalan mengantar Maradona ke rumah terakhirnya dengan pengamanan penuh.

Fans ikut mengantarkan dengan berbaris dan menyanyikan antem bola Argentina. Ketika mobil berhenti, banyak yang berusaha memegang mobil jenazah itu.

Ketika mobil sampai di lokasi pemakaman, ada ratusan fans menutupi pintu masuk Jardin Bella Vista. Polisi kemudian memaksa membuka jalan. Para fans terus membuat keramaian hingga pemakaman selesai.

Diego Armando Maradona meninggal dunia akhibat henti jantung di kediamannya pada Rabu (25/11/2020) malam WIB. Pria 60 tahun yang pernah membela Barcelona, Napoli, dan Sevilla ini diketahui memang sudah mengalami masalah kesehatan sebelumnya.

Pada awal November lalu, Maradona sempat menjalani operasi pembekuan darah di otak. Sebelumnya, dia juga sempat masuk rumah sakit karena ketergantungan alkohol yang berlebihan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA