Bea Cukai-Garuda Indonesia Dukung Ekspor IKM DIY

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 28 November 2020
share
 

INILAHCOM, Yogyakarta - Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang dan General Manager PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta, Ida Ayu Wayan Sri Gotami bertemu untuk diskusikan tata laksana ekspor dan dukungan terhadap industri kecil dan menengah (IKM) di Yogyakarta yang berpotensi ekspor. Diskusi tersebut diadakan di Kantor Bea Cukai Yogyakarta, pada Kamis (26/11).

Hengky mengatakan bahwa pertemuan kedua pihak ini merupakan sebuah langkah strategis yang ditempuh Bea Cukai guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN), yang digagas pemerintah di masa pandemi Covid-19 untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dengan tujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

"Bea Cukai, dalam peranannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, telah menyiapkan berbagai program relaksasi dan kemudahan, baik dalam hal prosedural maupun fiskal. Salah satu tujuannya ialah untuk mendorong kinerja ekspor nasional sebagai cara Bea Cukai dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Tentunya hal ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta," jelas Hengky.

Masih menurut Hengky, kedua pihak membahas kelangsungan ekspor IKM Yogyakarta. Pihaknya berharap, PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta dapat bersama Bea Cukai mendukung IKM agar dapat melakukan ekspor. Dari hasil diskusi, kedua pihak sepakat akan menindaklanjuti dukungan terhadap program ekspor IKM Yogyakarta dengan menggandeng pihak terkait lainnya, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Yogyakarta.

Selain menyatakan dukungan terhadap IKM, menurut Hengky PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta juga mendatangi kantor Bea Cukai Yogyakarta untuk mendapatkan informasi terkait ketentuan ekspor-impor terbaru. Keduanya pun membahas rencana pelaksanaan webinar dengan materi tata laksana impor dan ekspor untuk para pegawai PT Garuda Indonesia cabang Yogyakarta.

"Kami akan selalu welcome jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait ekspor-impor. Terima kasih telah berkunjung ke kantor Bea Cukai Yogyakarta, setelah ini mari bersama-sama menindaklanjuti hasil pembahasan hari ini agar IKM Yogyakarta lebih gencar ekspornya," ucap Hengky menutup pertemuan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA