Luhut: JICA Investasi Rp35 Triliun di Patimban

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 28 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Japan International Coorporation Agency (JICA), badan kerja sama internasional Jepang, bakal segera menancapkan investasi, sebesar Rp35 triliun di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sebuah Dialog Publik bertajuk Palabuhan Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional, Jakarta, Jumat (27/11/2020). "Indonesia patut bangga karena menjadi tujuan investasi dari investor berkelas dunia dengan nilai investasi sebesar Rp35 triliun," kata Luhut.

Ia berharap, investasi tersebut tak hanya memberikan dampak ekonomi melainkan juga sosial melalui multiplier effect yang diciptakan. Diprediksi, Pelabuhan Patimban akan membuka 148 ribu lapangan kerja baru untuk warga Subang dan sekitarnya. Sementara dalam 10 tahun ke depan, lapangan kerja yang tercipta dari kegiatan pelabuhan tersebut diprediksi mencapai 4,3 juta.

Pelabuhan Patimban sendiri dibangun untuk mengurangi beban logistik pengusaha di Jawa Barat yang selama ini melakukan ekspor-impor melalui Pelabuhan Tanjung Priok, DKI Jakarta. Beroperasi Desember tahun ini pelabuhan yang diprediksi akan menjadi pusat ekspor produk otomotif Indonesia itu akan memiliki kapasitas car terminal 4.657 CBU. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA