Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin Kembali Disidang

IN
Oleh inilahcom
Senin 30 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin bakal kembali disidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung terkait perkara korupsi.

Berkas penyidikan Rachmat dalam kasus dugaan pemotongan uang dan gratifikasi telah rampung.

"Hari ini (30/11/2020) Penyidik KPK melaksanakan tahap II atau penyerahan tersangka dan barang bukti tersangka RY (Rahcmat Yasin) kepada Tim JPU dimana sebelumnya berkas perkara telah dinyatakan lengkap (P21)," kata Ali dalam keterangannya, Senin (30/11/2020).

Penahanan Rachmat selanjutnya menjadi kewenangan Jaksa Penuntut selama 20 hari terhitung mulai tanggal 30 November 2020 sampai dengan 19 Desember 2020 di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur.

Selain itu, dengan pelimpahan ini, Jaksa Penuntut memiliki waktu maksimal 14 hari kerja untuk menyusun surat dakwaan terhadap Rachmat Yasin. Nantinya, surat dakwaan itu akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung untuk disidangkan.

"Persidangan diagendakan di PN Tipikor Bandung," kata Ali.

Untuk menyelesaikan proses penyidikan kasus ini, tim penyidik KPK telah memeriksa sekitar 101 saksi. Para saksi yang diperiksa berasal dari sejumlah pejabat Pemkab Bogor dan juga pihak swasta.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA