Saat Babinsa TNI AD Sulap Limbah Jadi Berkah

IN
Oleh inilahcom
Senin 30 November 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ketum Persit KCK, Ny. Hetty Andika Perkaea bangga buka main dengan apa yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1325 Langensari Kodim 0613 Ciamis, Sertu Hendar Purwanto.

Lewat idenya, Sertu Hendar menjadikan sisa-sisa gergaji kayu untuk dijadikan budidaya jamur tiram. Ya, selain bisa menambah penghasilan lebih, Sertu Hendar juga menyerap lapangan kerja untuk warga Dilingkungannya.

"Saya dari tahun 2015 waktu itu dari mulai 1 sampai 1.000 alhamdulilah bisa berjalan. Dan sekarang karyawan yang ada 5-6 orang," kata Sertu Hendar dikutip dari akun YouTube TNI AD, Senin (30/11/2020).

Kabag Info Subdis Meldek Dispenad, Letkol Inf Ismail yang mendampingi Ny. Hetty saat meninjau usaha dari Sertu Hendar menjelaskan, apa yang dilakukan Sertu Hendar adalah langkah yang baik. Menurutnya, inovasi Sertu Hendar patut diacungi jempol.

"Dia merekrut tetangga-tetangga untuk membantu disana. Ada hitungan gaji. Sehingga tetangganya itu menambah penghasilan. Sangat inovatif sekali," katanya.

Ismail mengatakan manfaat budidaya jamur ala Sertu Hendar sangatlah banyak. Ia mencontohkan jamur ini bisa juga dijadikan kompos atau dijual dengan cara digoreng crispy.

"Limbah kayu gergaji itu bisa dijual lagi. Bisa juga dijadikan kompos tanaman-tanaman. Dan jamur segarnya ini bisa dijual ke pasar, menambah ekonomi keluarga," katanya.

"Dan ini yang bagus juga kan banyak petani-petani disana dan dia kumpulkan hasilnya untuk dijadikan keripik Crispy yang kelola istrinya. Nah ini istrinya merekrut tetangga untuk bekerja. Digaji juga. Kan artinya selain pemberdayaan budaya, pemberdayaan ekonomi juga pemberdayaan lapangan kerja," ujarnya.

Dalam skala lokal, apa yang dilaksanakan oleh TNI AD adalah bagian membantu pemerintah untuk melaksanakan proyek strategis nasional untuk mengantisipasi krisis pangan yaitu dengan menggenjot ketahanan pangan.

Semoga apa yang dilakukan TNI AD dari skala lokasi bisa menginspirasi masyarakat luas sampai ke skala nasional.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA