Sejumlah Eks Presiden AS Siap Divaksin Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Jumat 04 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama, George W. Bush dan Bill Clinton, siap menjadi orang pertama disuntik vaksin corona (Covid-19).

Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan vaksin setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengesahkannya.

Bahkan, ketiga mantan presiden itu berharap kampanye kesadaran untuk mempromosikan kepercayaan akan keamanan dan keefektifannya, akan menjadi pesan yang kuat ketika pejabat kesehatan masyarakat Amerika mencoba meyakinkan publik untuk menerima vaksin jika sudah tersedia nanti.

"Beberapa minggu yang lalu Presiden Bush meminta saya untuk memberi tahu Dr. Fauci dan Dr. Birx bahwa, ketika waktunya tepat, dia ingin melakukan apa yang dia bisa untuk membantu mendorong sesama warga agar mendapatkan vaksinasi," ujar Ford dikutip CNN, Jumat (4/11/2020).


Sementara, Sekretaris pers Clinton turut bersedia untuk menerima vaksin di tempat umum untuk mempromosikannya.

"Presiden Clinton pasti akan mengambil vaksin segera setelah tersedia untuknya, berdasarkan prioritas yang ditentukan oleh pejabat kesehatan masyarakat. Dan dia akan melakukannya di tempat umum jika itu akan membantu mendesak semua orang Amerika untuk melakukan hal yang sama," kata Angel Urena.

Barack Obama juga mengatakan bahwa jika Fauci mengatakan vaksin Virus Corona COVID-19 aman, dia percaya padanya.

"Orang-orang seperti Anthony Fauci, yang saya kenal, dan pernah bekerja dengan saya, saya percaya sepenuhnya. Jadi, jika Anthony Fauci memberi tahu saya bahwa vaksin ini aman, dan dapat memvaksinasi, Anda tahu, mengimunisasi Anda dari tertular Covid, tentu saja, saya akan menerimanya, " kata Obama.

"Saya berjanji kepada Anda bahwa jika dibuat untuk orang-orang yang berisiko rendah, saya akan mengambilnya," katanya.

"Saya mungkin akan menerima vaksin dan disiarkan di TV atau memfilmkannya, supaya orang tahu bahwa saya mempercayai ilmu ini, dan yang tidak saya percayai adalah mendapatkan COVID," tambahnya.

Dalam pernyataannya, mantan Presiden Jimmy Carter mengatakan bahwa dia dan istrinya juga mendukung upaya vaksin.

"Mantan Presiden AS Jimmy Carter dan istrinya, Rosalynn, mengatakan hari ini bahwa mereka mendukung penuh upaya vaksin COVID-19 dan mendorong semua orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan imunisasi segera setelah tersedia di komunitas mereka," ujar Carter Center dalam pernyataan di Twitter. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA