Milad GAM, Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh

IN
Oleh inilahcom
Jumat 04 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Bendera bulan bintang yang merupakan bendera kebesaran Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sempat berkibar di Banda Aceh pada hari ini, Jumat (4/12/2020) yang bertepatan dengan hari lahir GAM ke-44.

Untungnya aparat keamanan TNI-Polri segera menurunkan bendera tersebut saat melakukan patroli di sekitar Banda Aceh.

Komandan Kodim 0101/BS Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti mengakui sempat pengibaran bendera GAM dan ratusan orang menyampaikan aspirasi di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Mereka mendesak pemerintah RI merealisasikan butir-butir kesepakatan (MoU) Helsinki.

Massa menilai pengibaran bendera GAM sudah ada aturannya karena bertepatan dengan Milad GAM. Bahkan mereka hendak menaikkan bendera tersebut di halaman Masjid Raya Baiturrahman namun diadang oleh aparat keamanan.

"Mereka mengatakan ikrar bahwa bendera mereka bukan bendera separatis. Tapi saya sampaikan tidak ada bendera selain bendera Merah Putih," ujar Abdul Razak.

Diketahui, bendera Bulan Bintang masih menjadi polemik di tingkat Pemerintah Pusat karena dinilai mirip dengan bendera gerakan separatis.

Padahal sebelumnya, pada 25 Maret 2013, Pemerintah Aceh bersama DPR Aceh telah mengesahkan Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang penetapan Bendera dan Lambang Aceh. Namun Pemerintah Pusat belum merestui bendera itu untuk dikibarkan. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA