JPU Tuntut Brigjen Prasetijo Utomo Dengan 3 Pasal

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 05 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Prasetijo Utomo dituntut 2 tahun 6 bulan penjara dalam dugaan kasus surat jalan palsu Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra (DjokTjan).

Jaksa penuntut umum (JPU) meyakini, Brigjen Prasetijo bersalah telah memerintahkan membuat dokumen-dokumen palsu dalam kasus surat jalan DjokTjan.

"Menuntut majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang mengadili perkara ini menjatuhkan hukuman pidana terhadap Prasetijo Utomo dengan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan dikurangi selama terdakwa dalam tahanan," ucap Jaksa Yeni Trimulyani saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (4/12/2020).

Dalam kasus itu, Prasetijo diduga melanggar tiga pasal. Yakni Pasal 263 ayat 1 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1, Pasal 426 ayat 2 KUHP juncto Pasal 64 KUHP ayat 1, dan Pasal 221 ayat 1 ke-2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP. Pasal ini sama juga yang disangkakan JPU kepada DjokTjan.

Namun, Prasetijo dalam hal ini juga disangkakan melakukan tindak pidana pasal 426 KUHP karena sebagai pejabat negara justru membiarkan dan membantu buronan melarikan diri.

"Dan bersama-sama melakukan tindak pidana menghalang-halangi penyidikan, menghancurkan barang bukti. Hal yang memberatkan terdakwa berbelit-belit dan tidak berterusterang memberikan keterangan," tandasnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA