Panggil Dubes Inggris, RI Protes Soal Benny Wenda

FZ
Oleh Fadly Zikry
Sabtu 05 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memanggil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. Pemanggilan Dubes Inggris itu terkait deklarasi pembentukan pemerintah sementara Papua Barat oleh Benny Wenda yang dilangsungkan di Inggris.

"Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu, Duta Besar Ngurah Swajaya atas instruksi Menlu RI telah memanggil Dubes Inggris Owen Jenkins, pada 4 Desember 2020," kata Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah dalam keterangannya, Sabtu (5/12/2020).

Pemerintah Indonesia menyampaikan protes keras kepada Inggris melalui Dubes-nya atas pernyataan sepihak Benny Wenda. Pemerintah sebelumnya juga sudah menepis semua pernyataan deklarasi Benny Wenda. Diketahui Benny juga sudah tidak berstatus sebagai WNI.

"Kepada Dubes Jenkins disampaikan protes keras atas pembiaran bagi Benny Wenda untuk menyebarkan disinformasi, fitnah dan menghasut serta mendalangi berbagai aksi kriminal dan pembunuhan di Papua," ujar Faizasyah.

Dubes Inggris Owen Jenkins disebut akan menyampaikan protes keras Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Inggris. Selain itu, Jenkins menegaskan Inggris mengakui kedaulatan Indonesia.

"Dubes Inggris menjanjikan akan menyampaikan protes keras Indonesia tersebut. Dubes Jenkins juga menegaskan posisi Pemerintah Inggris atas kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI," tandas Faizasyah. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA