Terancam Longsor, 348 Warga Banjarnegara Mengungsi

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 05 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 348 warga Desa Kalitlaga, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara terpaksa mengungsi lantaran adanya pergerakan tanah di wilayahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto menjelaskan 348 warga itu berasal dari 13 lokasi yang mengalami pergerakan tanah. BPBD Banjarnegara mencatat sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan akibat longsor

"Bukan hanya mengakibatkan kerusakan pada rumah warga, jalan antardukuh juga mengalami kerusakan dan listrik di lokasi masih dipadamkan hingga saat ini. Warga dianjurkan mengungsi karena dikhawatirkan terjadi pergerakan tanah susulan mengingat kondisi cuaca masih hujan deras," katanya, Sabtu (5/12/2020).

Bahkan sejak Kamis (3/12/2020) BPBD Banjarnegara mendata 13 bencana longsor yang tersebar di sejumlah kecamatan diantaranya kecamatan yakni Kecamatan Bawang, Klampok, Pagedongan, Karangkobar, Wanadadi, Banjarnegara, Pejawaran, Punggelan, Pandanarum, Pagentan, Wanayasa, Banjarmangu, Susukan.

"Pada beberapa lokasi longsor yang berskala kecil, upaya tanggap darurat telah selesai dilakukan sementara pada lokasi dengan skala besar, tim gabungan masih terus melakukan upaya penanganan," tandasnya. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA