Panggil FPI, Komnas HAM Dalami Insiden Penembakan

IN
Oleh inilahcom
Selasa 15 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Komnas HAM masih terus melakukan investigasi terkait tewasnya enam anggota Laskar FPI yang ditembang di jalur Tol Jakarta-Cikampek. Dalam proses tersebut, Komnas HAM hari ini memanggil pihak dari FPI untuk diminta keterangan terkait insiden tersebut.

"Hari ini yang sedang ongoing process dari FPI dari masyarakat. Ini sedang ongoing process untuk kami periksa sejak pagi tadi," ucap Komisioner Komnas HAM Choriul Anam di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2020).

Dia mengatakan, Komnas HAM sudah mendapatkan informasi terkait kondisi jenazah dari enam anggota Laskar FPI. Namun Komnas HAM ingin menggali lebih dalam terkait ini langsung dari pihak FPI.

"Walau kami sudah mendapatkan informasinya, memang ada baiknya kami dapatkan langsung dari teman-teman itu agar sebagai satu proses penyelidikan ini memiliki satu pijakan yang kuat," kata Anam.

Komnas HAM mengaku sudah meminta keterangan kepada tiga dokter yang terlibat proses autopsi para jenazah di RS Polri. Namun, Komnas HAM masih akan memanggil kembali untuk memperdalam keterangan.

"Dari situ, kami akan panggil pihak yang melakukan autopsi walaupun sudah berikan keterangan ke kami, ada tiga dokter yang lakukan autopsinya, sudah menyampaikan keterangan, namun akan kami perdalam. Dalam minggu ini, mereka akan kami panggil," kata Anam.

Sebelumnya, Komnas HAM melakukan investigasi terkait insiden penembakan enam pengikut Habib Rizieq Shihab dengan memanggil sejumlah pihak. Dalam investigasi ini, Komnas HAM memanggil Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Dirut Jasa Marga Subakti Syukur. Seusai pemanggilan keduanya, Komnas HAM melakukan pendalaman data.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA