Kemenkominfo Bantu Lulusan DTS dengan Simonas

IN
Oleh inilahcom
Selasa 15 Desember 2020
share
 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membantu para pencari kerja untuk mendapatkan informasi melalui aplikasi Sistem Informasi dan Monitoring Alumni Sertifikasi (Simonas).

Sejak diluncurkan pada 3 September 2019, Simonas telah dikembangkan dengan penambahan beberapa fitur terbaru. Mulai dari fitur pembaruan (update) data pribadi, pencarian pekerjaan berdasarkan gaji, serta kemudahan akses melalui platform android dan IoS.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Haryati mengatakan perbaikan dan penyempurnaan fitur itu akan lebih meningkatkan kemudahan bagi pencari kerja dan penyedia kerja.

"Pengkategorian jenis pekerjaan untuk memudahkan pencari pekerja sesuai dengan bidang yang diinginkan," katanya dalam Re-Launching Platform Job Portal DTS 2020 di Hotel Santika Jakarta seperti dilansir situs Kemenkominfo, Selasa (15/12).

Melalui fitur-fitur terbaru di Simonas, Kementerian Kominfo berharap peserta lulusan Program Digital Talent Scholarship (DTS) dapat terbantu untuk menemukan profesi idaman.

"Program DTS yang merupakan program Kementerian Kominfo dalam mencetak talenta digital yang unggul itu nantinya akan mendekatkan para talenta dengan industri digital," jelas Haryati.

Sekretaris Balitbang SDM Kementerian Kominfo menyatakan Program DTS tidak hanya memberikan pelatihan hard-skill tetapi juga soft-skills seperti profiling melalui DISC Test, personal branding, serta pemberian Bahasa Inggris melalui Pokja Pasca Pelatihan.

"Setelah menyelesaikan pelatihan-pelatihan tersebut, Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan platform yang memfasilitasi pertemuan antara talenta-talenta digital yang sudah dilatih melalui program DTS dengan berbagai peluang kerja dari beragam industri melalui aplikasi Simonas," jelasnya.

Sekretaris Balitbang SDM, Haryati menyatakan saat ini sudah sekitar 156 perusahaan yang telah bergabung di Simonas. Baik perusahaan rintisan atau startup hingga perusahaan profesional bergengsi.

"Setelah relaunching platform job portal Simonas 2020 tersebut, para peserta peserta Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA) dan Thematic Academy (TA) akan memanfaatkan dan merasakan Simonas untuk melamar pekerjaan maupun magang dari lowongan yang dibuka oleh mitra industri Kominfo," katanya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA