Inflasi Aman, BI Tahan Suku Bunga Acuan 3,75%

IN
Oleh inilahcom
Kamis 17 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan di level 3,75% dalam Rapat Dewan Gubernur BI Desember 2020.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengungkapkan, selain menahan suku bunga acuan, bank sentral juga mempertahankan suku bunga deposit facility di level 3% dan suku bunga lending facility sebesar 4,5%. "Keputusan ini konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah dan stabil. Termasuk NPL yang terjaga dan upaya bersama untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," kata Perry, Kamis (17/12/2020).

Meski menurunkan suku bunga acuan, BI tetap akan memperkuat sinergi kebijakan dan mendukung kebijakan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional. Dukungan ini lewat pembukaan sektor-sektor ekonomi produktif dan aman dari pandemi Covid-19, akselerasi stimulus fiskal dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran.

Selain itu, bank sentral juga akan melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial yang telah digulirkan, sekaligus dengan melakukan akselerasi digitalisasi sistem pembayaran juga keuangan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA