Jokowi Resmi Lantik 6 Menteri, 5 Wamen & KaBNN

IN
Oleh inilahcom
Rabu 23 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Jokowi resmi melantik 6 Menteri Kabinet Kerja yang baru, Rabu (23/12/2020) pagi.

Keenam menteri tersebut yakni, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan M. Luthfi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Tak hanya melanntik 6 Menteri baru, Jokowi juga melantik 5 wakil menteri, yaitu Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej.

Selain itu, Jokowi juga melantik Kepala Badan Narkotika Nasional Petrus Golose dan Kepala Badan Restorasi Gambut Hartono Prawiraatmadja.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Jokowi dalam mengambil sumpah jabatan 6 Menteri baru.

Pelantikan itu dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Reshuffle kabinet dilakukan Jokowi karena kinerja sejumlah Menteri yang kurang baik dan juga akibat kasus dugaan korupsi 2 Menteri sebelumnya yaitu, Edhy Prabowo Menteri KKP dan Juliari Batubara selaku Mensos yang kini menjadi pesakitan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA