Pesan Jokowi ke Risma: Selesaikan Bansos 100%

IN
Oleh inilahcom
Rabu 23 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Jokowi berpesan kepada Menteri Sosial (Mensos) yang baru Tri Rismaharini agar Bantuan Sosial (Bansos) 2020 harus segera terealisasi 100 persen hingga akhir tahun ini.

"Kemudian tahun depan di awal Januari juga harus tersalurkan supaya ekonomi bisa jalan," kata Risma usai serah terima jabatan Menteri Sosial dengan Menko Muhadjir Effendy selaku Pelaksana tugas Mensos di Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Risma mengaku akan bergerak cepat dan segera melakukan perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data tersebut diperlukan sebagai program kerja yang akan dijalankan.

"Itu harus ada ukurannya," katanya.

Selain perbaikan data, Risma juga akan fokus memerhatikan masalah-masalah sosial lainnya, seperti penanganan orang sakit jiwa di jalanan. Bahkan, ia mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) terkait penanganan masalah sosial tersebut.

"Orang gila ini tidak ada yang merawat, nah itu bisa kita rawat dan saya percaya itu bisa ditangani," ujarnya.

Kemudian, Wali Kota Surabaya dua periode tersebut juga akan fokus pada penanganan anak-anak jalanan.

Sebelumnya, posisi Mensos dijabat oleh Juliari Batubara. Julari kini harus berhadapan dengan kasus hukum yang menimpanya di KPK terkait dugaan korupsi Bansos COVID-19 untuk masyarakat. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA