Libur Natal dan Tahun Baru

Kakorlantas Cek Pengamanan di Terminal Kp.Rambutan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 23 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono melakukan sidak ke terminal kampung rambutan, Jakarta Timur, Rabu (23/12/2020) dalam rangka pengamanan libur natal dan tahun baru 2021. Istiono mengecek para supir bus antar kota/provinsi yang melayani penumpang.

Istiono didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dan Direktur Utama PT. Jasa Raharja Budi Rahardjo saat meninjau terminal kampung rambutan. Istiono juga menyempatkan diri berbincang sejenak dengan para supir bus.

"Hari ini kita meninjau terminal kampung rambutan. Saya bersama Dirlantas PMJ, dirut jasa raharja. Pada kunjungan ke terminal kampung rambutan. Kami melihat kesiapan bahwa Operasi lilin 2020 adalah Operasi kemanusiaan," kata Istiono di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (23/12/2020).

Istiono mengatakan libur akhir tahun ini yang masih dalam kondisi pandemi COVID-19 membuat upaya pencegahan penyebaran COVID-19 harus dilakukan dengan cepat dan sigap. Oleh karena itu, para supir bus ini juga di tes urine untuk memastikan kesehatannya bagus saat membawa penumpang.

"Langkah-langkah berkaitan dengan penyebaran Covid-19 harus dilakukan. Kemudian, pengemudi juga harus dilakukan langkah-langkah antisipasi kesehatannya. Nah tadi kita lihat Polda Metro Jaya di terminal Kampung rambutan membuat pos kesehatan bersama instansi terkait Dokkes kita melakukan pengecekan test urine secara gratis," katanya.

Selain di cek urine, Istiono juga mengecek bus-bus yang membawa penumpang keluar kota. Pengecekan ini juga akan dilakukan berkala di terminal-terminal lain.

"Upaya kita melihat kesiapsiagaan ini akan kita lalukan terus, hari ini di terminal bus kampung rambutan. Nanti akan kita cek juga di rest area, dimana telah disiapkan oleh polda kewilayahan," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Jenderal bintang dua itu tetap mengingatkan para supir bus untuk menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Tak lupa, bus-bus yang dinaiki penumpang juga diharuskan agar disemprot disinfektan agar steril dari penyebaran COVID-19.

"Mereka rata-rata sudah di test COVID-19 di PO Bus masing-masing. Jadi tinggal menunjuk surat saja ketika mau berangkat. Tapi kalau belum nanti akan diakomodir oleh PMJ. Yang utama harus menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA