Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Wisata Puncak

IN
Oleh inilahcom
Kamis 31 Desember 2020
share
 

INILAHCOM, Bogor - Korlantas Polri menggelar rapid test antigen acak di tempat wisata Taman Safari Bogor, Jawa Barat, Kamis 31 Desember 2020. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengecek kesehatan masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata.

Sebanyak 250-300 alat rapid antigen disiapkan gratis untuk masyarakat. Pelaksanaan rapid test antigen yang dilakukan Korlantas Polri ini merupakan bagian dari Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Kami bersama-sama mendukung program pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, terutama untuk kawasan wisata," ujar Kasubdit BPKB Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol. Indra Darmawan Iriyanto di lokasi.

Indra melanjutkan, rapid antigen gratis ini dilaksanakan untuk mengetahui kondisi kesehatan para pengunjung wisata di kawasan Puncak. Sehingga jika diketahui reaktif, hal tersebut dapat ditindaklanjuti oleh satgas Covid-19 setempat.

"Hal ini kami lakukan untuk menjaring pengunjung yang tidak melewati pemeriksaan di Pos Gadog. Jika ada yang reaktif, kami akan arahkan kepada tim medis," jelasnya.

Di lokasi, Indra bersama jajaran Polda Jabar, Polres Bogor, dan pengelola Taman Safari Bogor sempat melakukan peninjauan di lokasi wisata. Meski mengalami penurunan dibanding tahun lalu, Taman Safari Bogor merupakan salah satu tujuan utama wisatawan jika berkunjung ke Kawasan Puncak.

Sementara itu General Manager Teman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Korlantas Polri demi pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi wisata.

Emeraldo menjelaskan, pihaknya mengikuti peraturan Pemerintah Kabupaten Bogor tentang penerapan protokol kesehatan di Taman Safari, termasuk persyaratan hasil negatif swab test antigen.

"Ini sangat membantu kami mencegah penyebaran Covid-19 di Taman Safari apalagi saat musim libur seperti ini," ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan, lanjut Emeraldo, dilakukan agar pengunjung dapat dengan nyaman berwisata di tengah pandemi. Ia juga menghimbau agar wisatawan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Semoga program ini bisa berjalan dengan baik dan pengunjung juga mendapatkan kenyamanan dalam berwisata," pungkasnya

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA