Ratusan Rumah di Aceh Dikepung Banjir

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 02 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Banda Aceh - Ratusan unit rumah warga Kabupaten Aceh Timur terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah setempat sejak Jumat(1/1/2021).

"Akibat hujan deras yang tejadi di Aceh Timur menyebabkan banjir dengan ketinggian air 20-50 centimeter," kata Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi di Kota Banda Aceh, Sabtu (2/1/2021).

Dia menjelaskan banjir melanda Aceh Timur sejak Jumat pukul 23.00 WIB. Kemudian banjir terus meluas lantaran curah hujan di wilayah setempat masih tinggi, dan bertahan hingga sekarang.

Data sementara yang dikantongi BPBA yakni sebanyak 40 unit rumah terendam banjir di Desa Tualang Dalam, 70 rumah di Desa Snb Kuyun dan 15 rumah di Desa Lhok Hasan, Kecamatan Idi Timur.

Tak hanya Idi Timur, lanjut dia, wilayah terdampak juga di Kecamatan Peudawa meliputi tiga desa, Kecamatan Darul Ihsan dua desa, Kecamatan Idi Tunong
dua desa, Kecamatan Birem Bayeun empat desa serta masing-masing satu desa di Kecamatan Ranto Peureulak, Indra Makmu dan Peureulak.

"Petugas BPBD Aceh Timur terus melakukan evakuasi, pendataan jumlah rumah yang terendam dan pengungsi," kata Sunawardi. "Kondisi terakhir debit air di beberapa titik terus meningkat," katanya lagi.

Selain di Aceh Timur, banjir juga melanda kawasan Desa Lengkong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa pada Sabtu, sekitar pukul 15.40 WIB. Banjir itu juga disebabkan karena intensitas hujan tinggi.

"Akibatnya banjir dengan ketinggian air 20-50 centimeter. Korban terdampak sebanyak 998 kepala keluarga, jumlah jiwa dan dampak material masih dalam pendataan," tutupnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA