Vaksin COVID-19 Didistribusikan Mulai Hari Ini

IN
Oleh inilahcom
Minggu 03 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PT Bio Farma menyebut bahwa vaksin COVID-19 mulai didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia pada Minggu (3/1/2021), dalam persiapan untuk program vaksinasi yang akan berlangsung hingga Maret 2022.

Menurut juru bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto, rantai dingin (cold chain) sudah disiapkan untuk mengirim vaksin ke puluhan ribu fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Pengiriman melibatkan pemerintah daerah dan Puskesmas.

"Semua rantai dingin di 2 sampai 8 derajat (Celsius), Insya Allah kita sudah siap," ujar Bambang, dalam jumpa pers virtual, Minggu.

Namun, vaksinasi baru akan dimulai setelah vaksin yang dibeli dari perusahaan China Sinovac itu mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikat halal dari MUI.

Saat ini, Indonesia sudah memegang 3 juta dosis vaksin produksi Sinovac. Sekitar 1,2 juta tiba awal Desember lalu, dan 1,8 juta lagi tiba menjelang pergantian tahun.

Juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, menjelaskan bahwa program vaksinasi akan berlangsung selama 15 bulan, dari Januari 2021 hingga Maret 2022.

Target orang yang akan divaksinasi sebanyak 181,5 juta orang atau sekitar 70 persen dari total penduduk Indonesia. Tujuannya, membentuk kekebalan komunal atau herd immunity.

Program vaksinasi dibagi menjadi dua tahapan. Tahap pertama dilaksakanakan Januari hingga April 2021 dengan prioritas 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta publik. Tahap kedua, April 2021 hingga 2022, akan menjangkau sisanya.

Siti mengatakan pemerintah 'cukup optimis' bahwa program vaksinasi tahap pertama bisa terlaksana sesuai jadwal, mengingat hasil uji klinis terhadap vaksin Sinovac dari Brasil, Turki, dan Indonesia --yang dilaksanakan di Bandung-- sejauh ini menunjukkan hasil yang baik.

Selama program vaksinasi berlangsung, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk mempraktikkan protokol kesehatan yang disebut 3M, yakni Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak.

"Karena perjalanan kita masih cukup panjang untuk bisa keluar dari vaksinasi COVID-19 ini," kata dr. Siti.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA