Tahun Baru Kembali Dingatkan Soal Peran Guru

IN
Oleh inilahcom
Kamis 07 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tahun Baru merupakan sebuah momentum bagi karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan semangat yang baru.

Apalagi setelah 9 bulan, tenaga pendidik dan kependidikan bekerja pada masa pandemi yang tidak mudah dijalani.


BPK PENABUR Jakarta sendiri, melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan upaya maksimal dalam waktu yang singkat berkat kemauan dan kerja keras para tenaga pendidik dan kependidikan bekerjasama dengan orang tua.

Oleh karena itu, pada 6 Januari 2021, Pengurus dan Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta melaksanakan kegiatan bertemu secara virtual untuk menjalin komunikasi dengan karyawannya. Pertemuan ini Bertajuk Menapaki 2021 dengan Spirit Baru kegiatan ini diikuti oleh 2098 guru dan karyawan.


Pada kesempatan ini, Ketua BPK PENABUR Jakarta Ir. Antono Yuwono, kembali mengingatkan soal peran guru. Yakni terkait tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru.

"Menjadi guru itu harus memberikan contoh dan panutan bagi peserta didiknya.Untuk itu, sebagai pribadi guru juga harus memiliki tujuan yang jelas dan menyadari kalau bekerja menjadi guru merupakan suatu panggilan dari Tuhan di tengah kehidupan bermasyarakat. Oleh karenanya, Bapak dan Ibu harus melaksanakan tugas sebagai seorang guru dengan senang hati serta maksimal." ujar Antono, dalam keterangan tertulisnya Kamis (7/1/2021).


Antono Yuwono juga memaparkan perubahan serta strategi yang akan dilakukan selanjutnya oleh BPK PENABUR Jakarta.

Pertama, melakukan transformasi digital dimana BPK PENABUR Jakarta mempersembahkan pendidikan bermutu berdasarkan nilai-nilai Kristiani untuk peserta didik di seluruh nusantara. Kedua, persiapan Blended Learning setelah COVID-19 usai, yakni konsep pembelajaran yang mengombinasikan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi.

Ketiga, penguasaan Bahasa Inggris dan teknologi untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan BPK PENABUR Jakarta. Keempat, penguasaan digital literacy bukan hanya sekedar kemampuan membaca informasi di media digital, tetapi juga kemampuan untuk mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang didapatkan.


"Tidak dipungkiri, pasti ada rasa jenuh dan bosan yang dialami oleh guru dan karyawan yang bekerja pada situasi pandemi dimana tidak bisa bertemu anak didik dan rekan kerja secara langsung," tuturnya.


Sementara itu, Deddy Budiman, Pengurus BPK PENABUR Jakarta memberikan tips dengan topik Menjaga Spirit Kerja pada Masa Pandemi.


"Selalu bergembira dan percaya akan pertolongan Tuhan. Lalu, mencari informasi untuk mengembangkan kemampuan diri sebagai seorang guru juga merupakan hal yang penting." ujar Dedy Budiman.


Selain itu, dua pembicara lain yakni Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta, Irwanto Hartono juga memberikan motivasi kepada seluruh karyawan agar terus mematuhi protokol kesehatan yang ada, sehingga dapat menjaga kesehatan keluarga besar BPK PENABUR Jakarta termasuk peserta didik.


Semangat dan motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga diingatkan kembali oleh Yudhian Fantoni, Pengurus BPK PENABUR Jakarta.

"Melalui komunikasi yang dilakukan oleh jajaran pimpinan pada awal tahun ini, BPK PENABUR Jakarta ingin mengajak seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan BPK PENABUR Jakarta agar siap melayani peserta didik dengan penuh semangat dan sukacita karena Tuhan yang akan selalu memberikan kekuatan," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA