Sri Mulyani Apresiasi Bea Cukai-LPEI Dorong Ekspor

IN
Oleh inilahcom
Jumat 08 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Semarang - Berbagai kebijakan dan langkah nyata dalam rangka mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah dilakukan oleh pemerintah sepanjang tahun 2020. Seperti yang telah dilakukan oleh Bea Cukai, diantaranya mengimplementasikan National Logistic Ecosystem (NLE), serta menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk meningkatkan ekspor pelaku UMKM.

Upaya mendorong PEN tersebut dijabarkan lebih lanjut oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto, yang didaulat mewakili seluruh satker Kemenkeu Regional Jawa dalam acara Dialog Tutup Tahun Anggaran 2020 Kementerian Keuangan pada Rabu, 30 Desember 2020 secara daring.

"Langkah yang telah kami lakukan antara lain menjaga konsumsi dengan melakukan percepatan dan penguatan subsidi dan bantuan sosial untuk masyarakat, mendorong investasi dengan insentif fiskal dan penyederhanaan perizinan, serta mendukung ekspor-impor dengan memberikan insentif perpajakan dan peningkatan percepatan layanan dengan implementasi NLE," papar Padmoyo.

Padmoyo juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti arahan Menkeu berkaitan dengan membangun sinergi dan kolaborasi di lingkungan kantor vertikal Kemenkeu bersama Special Mission Vehicle Kemenkeu, yaitu LPEI atau Indonesia Exim Bank untuk peningkatan ekspor pelaku UMKM.

"Kami juga bersinergi dengan LPEI wilayah Surabaya dan Surakarta untuk memberikan pelatihan Coaching Program for New Exporter, yang dilakukan bersama antara Kantor Bea Cukai Surakarta, Tegal, Kudus, Semarang dan Yogyakarta," tambah Padmoyo.

Selain itu, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY telah bekerjasama untuk memanfaatkan Kantor LPEI Surakarta, sebagai cikal bakal pembentukan Rumah Solusi bagi UMKM, yang diharapkan dapat memberikan one stop service dalam hal pelayanan ekspor. Rumah Solusi ini nantinya dapat dijadikan sebagai satellite office dan co-working space bagi agen fasilitas dan client coordinator Direktorat Jenderal Bea Cukai, serta account representative Direktorat Jenderal Pajak.

"Saya sangat senang tadi dilaporkan bahwa Special Mission Vehicle Kemenkeu telah digunakan. Ini adalah usaha yang bagus dan diharapkan dapat dilakukan juga oleh daerah-daerah lain, untuk meningkatkan kolaborasi dengan menggunakan semua instrumen yang dimiliki oleh Kemenkeu," ujar Sri Mulyani, mengapresiasi insisatif kolaborasi yang telah dilakukan dalam rangka mendorong ekspor UMKM di Jawa Tengah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA