Calon Tunggal Kapolri

KNPI Kawal Penunjukan Komjen Listyo

IN
Oleh inilahcom
Rabu 13 Januari 2021
share
Komjen Listyo Sigit Prabowo calon tunggal Kapolri

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama menyambut baik usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyodorkan nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri kepada DPR RI.

Menurut Haris, Komjen Listyo Sigit memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri. Haris juga memastikan, penunjukan Komjen Listyo Sigit untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki purna bakti pada 1 Februari 2021, sudah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.


"Penunjukan Komjen Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabilitas, integritas dan kompetensi beliau sebagai calon Kapolri," tegas Haris, Rabu (13/1/2021).

Politikus muda Partai Golkar ini berkeyakinan bahwa Listyo dapat membawa perubahan di Korps Bhayangkara. Serta membawa institusi ini dengan promoter (profesional, modern, terpercaya).


"Saya yakin Komjen Listyo dapat menerapkan strategi yang baik saat memimpin 400 ribu personil Polri serta menjadikan perubahan di tubuh Polri, sehingga citra Korps Bhayangkara ini semakin dicintai masyarakat," ujarnya.

Oleh karena itu kata Haris, KNPI akan mengawal penunjukan Komjen Listyo sampai dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka. KNPI juga akan menyebar ribuan spanduk di seluruh daerah atas penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal.


"Saya memerintahkan seluruh pengurus dan anggota KNPI di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk mengawal penunjukan Komjen Listyo sampai nanti dilantik oleh presiden," ujarnya.

Haris menjabarkan, saat Listyo menjabat sebagai Kapolda Banten, dia mempunyai berbagai progam yang diapresiasi oleh ulama disana.

"Saat jadi Kapolda Banten, Listyo dikenal ramah dan dicintai ulama disana. Bahkan, banyak marbot masjid dan musala diberangkatkan umroh gratis oleh Listyo,"ujar Haris.

Haris juga memuji Listyo yang di tengah pandemi ini memberikan bantuan ke Pondok Pesantren Salafiyah Tajul Falah, Cipanas, Lebak, Banten. Salah satu pesantren tertua di Lebak. Seperti keramik, besi, dan semen.

"Ini kan luar biasa. Sampai sudah tidak menjabat lagi, beliau masih tetap peduli terhadap lembaga pendidikan agama di Banten. Oleh karena itu, KNPI meyakini Listyo Sigit bisa membuat ulama dan umara (pemerintah) bisa lebih dekat serta saling bersinergi," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA