Jelang Tes Kapolri, Presiden Pemuda Dukung Listyo

IN
Oleh inilahcom
Senin 18 Januari 2021
share
Konjen Lityo Sigit Prabowo, Calon Tunggal Kapolri

INILAHCOM, Jakarta - Kalau tak ada aral, calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo bakal menempuh tes uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Dukungan untuk Listyo terus mengalir.

Presiden Perhimpunan Organisasi Kepemudaan Nasional (Poknas), M Aris Mandji, mendukung penuh keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusung calon tunggak Kapolri, Komjen Sigit Listyo Prabowo. "Tidak perlu dibantah lagi, presiden pasti sodorkan sosok yang terbaik. Siapapun dia. Dan, saya kira Komjen Listyo sangat pas-lah. Beliau figur yang jujur, berintegritas, rekam jejaknya oke, serta berprestasi," papar Haris, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Terkait pro-kontra terkait Komjen Listyo, kata Bang Arman, sapaan akrabnya, berdasarkan konstitusi, Presiden Jokowi punya wewenang untuk mengusulkan siapapun. Sebagai orang yang mengemban amanah rakyat, tentunya presiden tidak gegabah dalam memilih.

"Kan undang-undang mengamanatkan Presiden Jokowi mengusulkan nama calon Kapolri. Tentunya figur yang dipilih Jokowi adalah sosok yang punya kesamaan visi dan misi, serta memiliki kedekatan secara chemistri dengan presiden," paparnya.

Sebagai mantan ajudan presiden, kata Arman, Listyo tentunya bisa lebih mudah dan cepat memahamai serta mengerti keinginan presiden. Dan, hal ini lazim terjadi. Era SBY, bekas ajudan presiden, Jenderal Sutarman ditunjuk sebagai Kapolri. "Saya kira itu hal yang wajar. Bahkan boleh dibilang salah satu kredit poin. Sehingga, kapolri baru tidak perlu meraba-raba saat menjalankan rodak kepemimpinannya," kata Arman.

Terkait masalah agama, Arman bilang, tidak ada masalah. Meski non Muslim, Komjen Listyo dikenal sebagai sosok yang dekat dengan kalangan ulama. Pria asal Solo itu tak segan membantu pembangunan atau pengembangan pendidikan pondok pesantren. 'Beliau dekat dengan kalangan ulama. Jadi enggak perlu dibesar-besarkanlah masalah seperti itu," pungkasnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA