Ketika Tito Soroti Komjen Listyo Sigit

IN
Oleh inilahcom
Senin 18 Januari 2021
share
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sosok mengomentari Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri tunggal.

Tito menilai calon pengganti Jenderal Pol Idham Azis itu merupakan sosok yang cerdas dan tegas. Kemudian sangat paham dan matang. Lantaran pernah menjadi Kapolda, dan Kabareskrim.

"Beliau mempunyai pengalaman yang saya belum punya, yaitu sebagai ajudan presiden. Otomatis beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan beliau juga memiliki pribadi yang baik," ujar Tito, di Jakarta, Senin (18/1/2021).

Tito yang juga mantan Kapolri ini, mengenal Listyo Sigit sebagai sosok yang berkinerja baik selama diberi amanah untuk ditempatkan diberbagai jabatan.

"Selama saya menjadi Kapolri, ada dua jabatan strategis yang beliau sudah laksanakan, yang pertama adalah Kapolda Banten, yang kedua di Kadivpropam," ucap Mendagri.


Pada saat Kapolda Banten, lanjut Tito Komjen Sigit menjabat cukup lama, sekitar 2 tahun. Selama dipimpin Komjen Sigit situasi Banten dinilai Tito tenang, dingin dan kinerja-nya sangat baik.

"Saya kira kita semua bisa menyaksikan, di media juga kan banyak (pemberitaannya). Kemudian yang kedua, saat (menjabat sebagai) Kadivpropam, juga beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung terutama mendisiplinkan anggota, mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik," ujarnya.

Tito juga menilai Listyo Sigit sebagai sosok muda yang matang, kaya akan pengalaman, memiliki kepribadian yang baik.

"Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang, 1 tahun lebih, yang semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau, sehingga saya merasa bahwa meskipun berusia muda tapi matang," kata dia.


"Kabareskrim jabatan yang sangat strategis di Polri. Saya kira dengan segala pengalaman itu ditambah dengan pribadi beliau, saya sangat paham," tutupnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA