Darurat Bencana, Bea Cukai Salurkan Bantuan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 20 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - . Situasi ini memberikan tekanan bagi masyarakat yang terdampak bencana. Merespon kejadian tersebut, Bea Cukai turut bahu-membahu menyalurkan berbagai bantuan.

"Berbagai bencana yang datang ini menimbulkan banyak korban sehingga membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak. Kantor Bea Cukai di tiga wilayah tersebut juga turut andil dalam menyalurkan bantuan," kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Syarif Hidayat.

Syarif menyebutkan beberapa kantor Bea Cukai yang turun dalam aksi kemanusiaan tersebut diantaranya Bea Cukai Banjarmasin, Bea Cukai Pantoloan, Bea Cukai Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Pantoloan, dan Bea Cukai Nunukan.

Melalui aksi peduli Bea Cukai Banjarmasin bersama lembaga DT Peduli menyalurkan donasi berupa suplai makanan dan kebutuhan lainnya termasuk obat-obatan kepada korban banjir yang melanda tujuh Kabupaten di Kalimantan Selatan, pada Sabtu (16/1) dan Minggu (17/1).

Bencana banjir ini merendam arus jalan yang membuat aktivitas masyarakat terganggu, memutus jembatan penghubung antardaerah di Kalimantan Selatan serta membuat aliran listrik di beberapa daerah sementara padam. Bantuan disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak parah, yaitu daerah Handil Bhakti, Sungai Rengas serta daerah Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Sementara itu, aksi serupa juga digerakkan oleh Bea Cukai Pantoloan bersama jajaran Kementerian Keuangan Sulawesi Tengah membantu korban gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat pada hari Jumat (15/1) lalu. Bencana alam tersebut memakan 637 korban luka-luka dan sekitar 15 ribu warga mengungsi akibat kerusakan yang disebabkan dari gempa tersebut.

Syarif menyampaikan, bantuan logistik dari Kementerian Keuangan Sulteng itu dikumpulkan di Bea Cukai PSO Pantoloan berupa bahan pokok, tenda, terpal dan obat-obatan. Bantuan kemudian dikirimkan menuju Mamuju menggunakan kapal Patroli BC 30003 beserta awak kapalnya pada hari Sabtu (16/1). "Bantuan yang disalurkan tersebut diharapkan dapat meringankan beban korban yang terdampak bencana," harap Syarif.

Sebelumnya, pada Kamis (14/1), bantuan juga disalurkan oleh Bea Cukai Nunukan dalam kunjungannya ke tempat pengungsian korban musibah kebakaran di area bangunan Pasar Puja Sera di Tanah Merah, Nunukan. Kebakaran itu telah meludeskan 62 bangunan, menghanguskan 6 fasilitas umum dan 56 rumah, sehingga menyebabkan sebanyak 77 Kepala Keluarga yang terdiri 269 jiwa terdampak akibat musibah tersebut.

"Diharapkan dengan adanya aksi peduli ini, dapat membantu dan meringankan beban warga yang terkena dampaknya serta keadaan wilayah tersebut lekas membaik," pungkas Syarif.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA