Pernah Jual Martabak, Chandra Jadi Pebisnis Sukses

IN
Oleh inilahcom
Rabu 20 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kesuksesan itu tidak jatuh dari langit. Namun perlu perjuangan, konsistensi bahkan pengorbanan untuk meraihnya. Terbukti, banyak kisah pengusaha sukses yang berangkat dari kesulitan.

Seperti pengalaman M Chandra Kurniawan, Founder & CEO dari CRK Sportswear. Di mana, CRK Sports Wear merupakan brand pakaian olahraga serta distributor peralatan olahraga di Indonesia. Perusahaan milik Chandra ini, memiliki track record sangat baik, tidak tanggung-tanggung apparel dan peralatan olahraga dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games dan ASIAN Games pun menjadi deretan pengalaman yang sudah dikerjakan Chandra.

Kini, bisnis seragam atlit, official, kontingen hingga VIP mulai training suit, topi, baju, celana, tas serta pernak-pernik lainnya, berhasil dirambahnya.

Selain menjadi Produsen, Chandra juga pemegang lisensi beberapa peralatan latihan hingga pertandingan yang dibutuhkan dalam ajang olahraga dengan spek Olimpiade. Tajinya di dunia bisnis, tidak hanya di bidang olahraga. Chandra memiliki tiga bisnis lain, yaitu CRK pictures, CRK motorsport serta CRK design and associate. CRK Pictures sendiri adalah sebuah production house yang memproduksi film Crazy Fast Indonesian yang sempat viral.

Chandra juga menekuni bisnis otomotif, melalui CRK Motorsport. Sebuah divisi motorsport yang membawahi CRK Towing hingga CRK Racing team, dan CRK detailing. Menjadikan CRK motorsport sebuah one stop service di dunja otomotif.

Pria kelahiran 6 November 1984 ini, memiliki bisnis CRK desain and associate. Perusahaan dinakodai Chandra Kurniawan, adalah pemenang sayembara dalam ajang Desain Logo dan Maskot PON XX 2021 Papua.

Di balik rekam jejak bisnis nan mentereng, mungkin tak banyak yang tahu kalau Chandra sempat mengecap situasi susah. Saat SMA, Chandra pernah menjadi penjual stiker dan pin. Demi mencari tambahan uang saku.

Dirinya juga pernah membantu orang tua berjualan martabak. "Saya inget setiap jam 4 pagi saya bangun, dan mengantar jualan martabak ibu saya ke pasar mayestik sebelum sekolah, dan saat jam istirahat saya menjual stiker, pin dan ikat pinggang spike ke temen-teman di sekolah, semua saya lakukan untuk tambah uang saku saya karena keluarga saya bukan dari keluarga berada," papar Chandra.

Pengalaman hidup yang menempa Chandra hingga kini bisa meraih sukses. Bekerja dengan sangat giat agar suatu saat bisa bermanfaat untuk orang lain. "Menurut saya Keberhasilan bukan apa yang dimiliki dan dipakai oleh kita, namun seberapa kita bisa bermanfaat bagi orang di sekitar kita," ucap Charock yang memiliki 2 anak ini

Seiring waktu, bisnis bidang olahraga dan otomotif yang ia jalani, semakin besar. Pada 2020, CRK Corporation dipercaya di beberapa instansi pemerintah dan swasta. Benar juga, kini Chandra bisa meraih mimpinya untuk berguna bagi orang lain. Berkat bisnis ini, Chandra memiliki ratusan karyawan, serta kantor seluas 5.000 meter-persegi.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA