BMKG Soal Heboh Fenomena Alam di Wonogiri

IN
Oleh inilahcom
Kamis 21 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Wonogiri - Fenomena angin kencang di atas perairan Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah membuat warga setempat heboh.

Menanggapi fenomena tersebut, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan fenomena itu dikenal dengan waterspout yang identik dengan fenomena puting beliung tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas.

"Fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan cumulonimbus (CB). Namun demikian, tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena tersebut, tergantung pada kondisi labilitas atmosfer," urainya, Rabu (20/1/2021).

Keberadaan awan CB pun dapat mengindikasikan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dan pada kondisi tertentu dapat menimbulkan potensi puting beliung/waterspout.

Adapun karakteristik fenomena waterspout adalah kkejadiannya yang bersifat lokal, terjadi dalam periode waktu yang singkat, umumnya sekitar kurang lebih 10 menit, lebih sering terjadi pada siang atau sore hari, dan terkadang menjelang malam hari..

"Hanya muncul dari sistem awan Cumulonimbus (CB), tetapi tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena waterspout. Lalu, kemungkinannya kecil untuk terjadi kembali di tempat yang sama dalam waktu yang dekat," tuturnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA