Joe Biden Resmi Dilantik Sebagai Presiden AS ke-46

IN
Oleh inilahcom
Kamis 21 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Washington DC - Joseph Robinette Biden Jr atau Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS ke-46, Rabu (20/1/2021). Ia akan menjabat selama empat tahun ke depan.

Pelantikan Biden digelar di West Front Gedung Capitol Hill di Washington DC, dimulai pukul 11.30 waktu setempat. Pembatasan sesuai protokol COVID-19 diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts, sambil meletakkan tangan kirinya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh sang istri, Jill Biden.

Alkitab yang sama juga digunakan saat Biden dilantik sebagai Wakil Presiden AS pada tahun 2009 dan 2013 lalu, mendampingi Presiden Barack Obama.

"Saya Joseph Robinette Biden Jr bersumpah dengan sungguh-sungguh akan setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan terbaik saya akan menjaga, melindungi, dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. So help me, God," kata Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

Selain sang istri, segenap anak dan cucu Biden hadir langsung di Gedung Capitol Hill.

Pelantikan ini dihadiri secara terbatas oleh anggota Kongres AS dan tiga mantan Presiden AS, yakni Bill Clinton, George W Bush. dan Barack Obama, yang didampingi istri masing-masing.

Donald Trump, presiden terdahulu, tidak menghadiri pelantikan ini. Namun Mike Pence, wakilnya, menghadiri pelantikan Biden dengan didampingi istrinya, Karen Pence.

Pelantikan presiden dan wakil presiden AS kali ini menjadi yang paling sederhana bagi AS, terutama karena pandemi COVID-19 serta kekhawatiran soal keamanan, setelah massa pendukung Trump menyerbu gedung Kongres AS, Capitol Hill, pada 6 Januari lalu.

Biden, yang kini berusia 78 tahun, menjadi presiden tertua yang pernah dilantik dalam sejarah AS.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA