Inilah Perempuan Berprestasi Membangun Ekonomi RI

IN
Oleh inilahcom
Kamis 21 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Partisipasi perempuan Indonesia dalam membangun perekonomian nasional, tidak bisa diremehkan. Saat ini, srikandi ekonomi bermunculan.

Terhitung sejak 2015 hingga saat ini, terjadi lonjakan signifikan terkait peringkat Indonesia diantara negara-negara lain dalam hal partisipasi perempuan di berbagai bidang kehidupan.

Diantara 153 negara di dunia, pada 2015, Indonesia berada di peringkat 114. Pelan tapi pasti, peringkatnya naik menjadi 107 pada 2016.
"Pada tahun 2018, Indonesia bahkan berhasil masuk jajaran 100 besar dengan berada di peringkat 96, dan lalu melesat ke peringkat 68 pada tahun 2020 ini," ujar Direktur Pemberitaan dan Content Herstory, Cahyo Prayogo saat membuka acara penghargaan Indonesia Most Powerful Women 2021 secara virtual oleh Herstory, member of Warta Ekonomi Group, Rabu (20/1/2021).

Menurut Cahyo, lonjakan signifikan tersebut bisa terjadi lantaran didukung oleh pertumbuhan jumlah keterlibatan tokoh-tokoh perempuan dalam peran-peran penting di berbagai bidang kehidupan di tingkat nasional.

Karenanya, lanjut dia, Herstory dan Warta Ekonomi bermaksud memberikan apresiasi terhadap kiprah dan sepak terjang para tokoh perempuan nasional, dalam memajukan Indonesia, terutama sektor bisnis dan perekonomian nasional.

"Betapa sepak terjang dan beragam inovasi yang telah mereka inisiasi telah terbukti berkontribusi besar terhadap pengembangan iklim bisnis di Tanah Air. Sebagaimana kita tahu, di balik sosoknya yang lembut, namun perempuan juga memiliki sisi tangguh dan kekuatan yang juga diperlukan dalam membangun negeri ini," ujar Pemimpin Redaksi Herstory, Clara Aprilia Sukanda.

Terkait penyelenggaraan Indonesia Most Powerful Women 2021 ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, memberikan apresiasi terhadap inisiatif Herstory dan Warta Ekonomi Group.

Dengan bertujuan memberikan penghargaan kepada para wanita dalam jajaran perusahaan yang telah memberikan inspirasi dengan kinerja yang baik dan kepemimpinan yang hebat, Menteri PPPA berharap, penyelenggaraan acara ini dapat juga mendorong seluruh perusahaan di Indonesia untuk ikut mengimplementasikan azas kesetaraan gender guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

"Konstitusi Republik Indonesia yaitu UUD 1945 telah menjamin hak-hak yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Di lain pihak, Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, mencatat, jumlah penduduk Indonesia secara gender juga relatif setara, yaitu sebanyak 49,8 persen perempuan dan 50,2 persen laki-laki," kata Bintang Puspayoga.

"Sangat disayangkan bila dengan jumlah yang relatif sama ini ternyata masih ada ketimpangan akses dalam berpartisipasi terhadap pembangunan dan juga menerima manfaat yang seharusnya berhak mereka semua dapatkan di berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi," imbuh Bintang Puspayoga.

Dengan tema "The Great Inspiring Women Leaders," melalui Indonesia Most Powerful Women 2021, HerStory Indonesia dan Warta Ekonomi mengapresiasi banyaknya wanita yang menjabat dalam posisi penting berbagai organisasi dan berperan dalam mengembangkan bisnis di Indonesia, menjadikan wanita sebagai peran yang dapat diperhitungkan dan tentunya menginspirasi bagi khalayak umum.

Penghargaan ini juga dipersembahkan untuk perusahaan yang dipimpin para wanita hebat, yang telah ikut andil dalam mendirikan hak keseteraan gender dalam pembangunan ekonomi.

Berikut sejumlah perempuan yang berprestasi di sektor bisnis dan ekonomi. Misalnya, Dian Siswarini (XL Axianta); Niharika Yadav (Axa Financial Indonesia); Belinda Natalia (Sariguna Primatirta); Nicke Widyawati (Pertamina); Sri Widowati (Unilever Indonesia); Ane Patricia Sutanto (Pan Brothers); Setia N. Milatia Moemin (Damri); Dwina Septiani Wijaya (Peruri); Handayani (BRI); Vera Eve Lim (BCA); Carmelita Hartotom (Andhika Lines); Noni Sri Ayati Purnomo (Blue Bird); Febriany Eddy (Vale Indonesia); Veronica Sari Utami (Google Indonesia); Christin Djuarto (Shopee Indonesia); Melissa Siska Juminto (Tokopedia); Anastasia Wibowo (Lazada Indonesia); Dian Supolo (Indo Logam Pratama). [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA