Soal Vaksinasi Covid-19 Mandiri, Ini Kata Jokowi

IN
Oleh inilahcom
Kamis 21 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah masih mengkaji mekanisme pelaksanaan vaksinasi COVID-19, secara mandiri dalam upaya mempercepat pencapaian kekebalan komunal.

"Banyak dari perusahaan, para pengusaha menyampaikan 'Pak, bisa tidak kita vaksin mandiri?' Ini yang baru kita akan putuskan," kata Presiden Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, Kamis (21/1/2021).


"Karena apa? Kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak?" lanjut Presiden lewat telekonferensi video.

Presiden menyampaikan, mekanisme vaksinasi COVID-19 secara mandiri harus dipersiapkan dengan baik. Pemerintah pun sudah mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Bagaimana bisa dipercepat? Bagaimana bisa di lakukan sebanyak-banyaknya dalam tempo yang cepat-cepatnya karena kita punya kekuatan kurang lebih 30 ribu vaksinator, ada kurang lebih 10 ribu puskesmas, ada kurang lebih tiga ribu rumah sakit yang bisa kita gerakkan," katanya.

Ia mengatakan, bila satu petugas vaksinasi bisa memvaksinasi 30 orang setiap hari maka dalam sehari hampir satu juta orang bisa divaksin.

"Angka yang besar sekali, ini kekuatan kita ada di sini. Negara lain tidak punya puskesmas, tapi kita memiliki, yang setiap tahun juga melakukan imunisasi terhadap anak-anak kita," tuturnya.

"Inilah kenapa pernah saya mengatakan sebetulnya tidak ada setahun seharusnya vaksinasi bisa kita selesaikan karena angka-angkanya yang kita hitung kita bisa," tambah dia. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA