Begini Evaluasi PPKM Jawa-Bali Pekan Pertama

IN
Oleh inilahcom
Jumat 22 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ada empat indikator yang dijadikan dasar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dalam mengevaluasi Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali selama satu minggu pertama pada 11-18 Januari 2021.

Yakni, peningkatan dan penurunan kasus aktif, kematian, dan kesembuhan.

"Berdasarkan kasus aktif sebanyak 46 kabupaten/kota mengalami peningkatan, 24 kabupaten/kota menurun, dan tiga kabupaten kota tidak mengalami peningkatan," kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1/2021).

Berdasarkan indikator kematian, sebanyak 44 kabupaten/kota mengalami peningkatan dan 29 kabupaten/kota mengalami penurunan. Kemudian berdasarkan indikator kesembuhan terdapat 37 kabupaten/kota mengalami penurunan dan 36 kabupaten/kota mengalami peningkatan.

"Hasil monitoring ini juga menjadi dasar perpanjangan pembantasan kegiatan masyarakat sampai dua minggu mendatang sebagaimana secara resmi telah disampaikan Kementerian Dalam Negeri," ucap dia.

Masyarakat diminta bersungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan selama masa perpanjangan PPKM. Kebijakan tersebut diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

"Dimohon setiap daerah bisa menyesuaikan intervensi pandemi covid-19 sesuai situasi dan kondisi terkini. Hasil monitoring dan evaluasi ini mencerminkan perlu penambahan strategi dengan memanfaatkan kekuatan negara, yaitu budaya gotong royong," tutupnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA