Komjen Listyo Diminta Mengayomi Tapi Tak Kompromi

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 23 Januari 2021
share
Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus

INILAHCOM, Jakarta - Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus mengatakan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo perlu memperkuat jajaran dibawahnya demi konsistensi memberantas kelompok radikal.

"Karena aparat ini ada yang terpapar. Karena pembersihan di internal Kapolri harus menjadi garda terdepan menertibkan aparat yang terpapar agar kembali ke Pancasila," kata Petrus dalam diskusi Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN) "Kapolri Baru: Peluang dan Tantangan Mewujudkan Transformasi Menuju Polri yang Presisi" di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Petrus melanjutkan, Listyo mesti tak boleh pandang bulu dalam menindak para pelaku radikalisme dan menjadikan pribadinya sebagai beban.

"Kita ini negara hukum nasional. Ketika hukum dijalankan tak boleh dibenturkan persoalan SARA," ungkap Petrus.

Ia menekankan Listyo perlu menolak adanya rencana memperkuat Pam Swakarsa. Menurut Petrus, jika organisasi itu dibangkitkan, maka bisa saja menimbulkan trauma masa lalu.

Ia berharap, Listyo sebaiknya memperkuat organisasi masyarakat di daerah untuk menjaga keamanan ketertiban di lingkungan masing-masing.

"Mereka bisa lebih merasa besar daripada Polrim. Jadi lebih mengedepankan kearifan lokal," tutur Petrus.

Sementara itu, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Romo Benny Susetyo berharap Kapolri yang baru, nantinya dapat mengayomi seluruh pihak namun jangan berkompromi terhadap hal apapun.

"Dia harus mengayomi semua ia tapi jangan berkmpromi, jangan kompromi terhadap apapun. Polisi kedepan harus yang memiliki artikulasi, konstitusi dijalankan," tuturnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA